Madrid (ANTARA News/AFP) - Para pemain sepak bola Spanyol, Kamis, mengakhiri mogok yang sudah menunda awal musim liga Spanyol, setelah tercapai kesepakatan dengan klub-klub soal gaji yang tidak terbayar, kata asosiasi pemain (AFE).

"Komite mogok AFE dan Liga Sepak Bola Profesional mencapai kesepakatan yang menjamin gaji-gaji para pemain sepak bola dengan berbagai cara," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Mogok yang direncanakan untuk Jumat 26 Agustus, Sabtu 27, Minggu 28, dan Senin 29, dibatalkan."

AFE mengatakan 200 pemain di dua divisi teratas dijanjikan total sekitar 50 juta euro (72 juta dolar AS) dalam gaji yang tidak terbayarkan dari klub-klub yang kesulitan uang, yang beberapa diantaranya masuk lembaga kepailitan.

AFE meminta jaminan gaji dan sebuah kesepakatan membolehkan para pemain untuk mengakhiri kontrak mereka jika mereka tidak dibayar selama tiga bulan berturut-turut. AFE mengatakan liga akhirnya menerima persyaratan tersebut.

Kesepakatan tersebut terjadi dalam pembicaraan baru setelah sesi sebelumnya selama 12 jam yang berlangsung hingga dini hari, saat klub-klub dan para pemain mengarah pada kesepakatan untuk menghentikan perpanjangan mogok sampai akhir pekan kedua.

Para pemain di divisi pertama dan kedua -- termasuk para pemain bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo -- melakukan mogok pada hari pertandingan pertama Sabtu lalu.

Mogok menunda awal liga untuk pertama kalinya dalam 27 tahun.
(I015/Z002) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011