Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka peluncuran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) 2022 di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, Nusa Tenggara Barat secara hybrid yang dimulai dari 1 Maret hingga 27 Mei 2022.
 

“Pemerintah memiliki concern (perhatian) yang tinggi dalam hal mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) pariwisata dengan kemampuan dan kompetensi terbaik,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara daring sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Selasa (1/3).

Untuk itu, Kemenparekraf yang menaungi enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) membuka kesempatan kepada calon mahasiswa lulusan SMA, MA, SMK, dan lulusan luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi guna memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno luncurkan Kharisma Event Nusantara 2022

Orientasi penerimaan mahasiswa baru tahun ini akan menitikberatkan pada karakter, kepribadian, minat, dan kemampuan sebagai calon insan pariwisata yang memiliki hospitality (keramahtamahan).

“Bagi generasi muda yang ingin kuliah di kampus keren, menghasilkan lulusan siap kerja, siap menciptakan lapangan kerja dan menjadi bagian dari insan pariwisata, kalian bisa kuliah di enam PTNP di bawah naungan Kemenparekraf,” ujar Sandiaga.

Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menerangkan bahwa PTNP di bawah naungan pihaknya menawarkan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih 42 program studi, terdiri dari 19 program studi D4 dan 23 program studi D3 yang telah terakreditasi BAN-PT baik prodi dan institusi serta akreditasi Ted-Qual dari UN-WTO (World Tourism Organization).

Adapun rinciannya ialah Poltekpar NHI Bandung menawarkan 10 program studi yang meliputi enam program studi D4 dan empat program studi D3, lalu Poltekpar Bali menawarkan lima program studi D4 dan tiga program studi D3, kemudian Poltekpar Makassar membuka empat program studi D4 dan empat program studi D3.

Selanjutnya yaitu Poltekpar Medan dengan dua program studi D4 dan enam program studi D3, Poltekpar Palembang satu program studi D4 dan tiga program studi D3, serta Poltekpar Lombok yang menawarkan satu program studi D4 dan tiga program studi D3.

Baca juga: Sandiaga Uno harapkan semakin banyak penerbangan langsung ke Bali

Penerimaan mahasiswa baru PTNP tahun akademik 2022/2023 dilakukan melalui dua jalur, yaitu Seleksi Bersama Masuk (SBM) dengan kuota sebesar 60 persen atau sekitar 1.995 orang dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) dengan kuota 40 persen atau sebanyak 1.360 orang.

Untuk jalur SMM akan dibuka penerimaan pada peminatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A, kelas internasional, berprestasi, kerja sama, wirausaha, disabilitas, dan pemberdayaan masyarakat.

"Hal ini bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa baru yang unggul, berkualitas, kreatif, berjiwa wirausaha, berkepribadian Indonesia, dan berbudi luhur," katanya.

Bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar, dapat dilakukan melalui website sbmptnp.kemenparekraf.go.id yang bisa diakses mulai 1 Maret hingga 27 Mei 2022.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2022