Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora memperoleh banyak perhatian pembaca mulai dari rencana penghapusan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) hingga banjir yang terjadi di sejumlah daerah termasuk Pamekasan pada Selasa (1/3). 

Berikut ini rangkuman sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik disimak hari ini:

1. Pemerintah hapus ketentuan karantina PPLN secara bertahap per 1 April

Pemerintah berniat menghapus ketentuan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di Indonesia per 1 April 2022, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. BPBD Pamekasan: 6.329 KK terdampak banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mendata, total jumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Pamekasan pada musibah banjir yang terjadi Selasa pagi (1/3) dan hingga Rabu dini hari (2/3) masih berlangsung sebanyak 6.329 kepala keluarga (KK).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Aturan baru e-HAC wajib diisi penumpang sebelum keberangkatan

Pemerintah menerbitkan aturan baru yang mewajibkan pelaku perjalanan domestik mengisi electronic-Health Alert Card (e-HAC) di aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan demi menghindari antrean panjang di bandara saat kedatangan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. RI dorong perkuat kolaborasi aksi iklim berbasis kelautan di forum G20

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Laksmi Dhewanthi mengatakan Indonesia mendorong adanya rencana aksi memperkuat kerja sama aksi iklim berbasis kelautan sebagai bagian dari isu prioritas yang diusung dalam forum G20 Environment Deputies Ministerial-Climate and Sustainability Working Group (EDM-CSWG).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. BRIN akan bangun 25 stasiun riset keanekaragaman hayati

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan 25 stasiun riset untuk pengelolaan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan dan bioprospeksi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022