Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-23 Rahmad Darmawan menilai Beny Wahyudi atau Supardi bisa menggantikan posisi M. Nasuha jika ia betul-betul absen di pertandingan Pra Piala Dunia 2014 melawan Iran di Teheran pada 2 September mendatang.

"Kedua pemain ini cocok untuk menggantikan Nasuha. Mereka punya keunggulan masing-masing," kata Rahmad Darmawan usai menandatangani kontrak sebagai pelatih timnas di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Sabtu.

Posisi M. Nasuha saat ini masih dalam perdebatan karena pemain belakang itu oleh AFC dinilai telah mendapatkan dua kartu kuning sehingga tidak bisa diturunkan saat lawan Iran.

Namun, timnas Merah Putih tetap beranggapan tidak terkena akumulasi kartu kuning dan bisa dimainkan pada pertandingan pertama Pra Piala Dunia 2014 putaran tiga zona Asia.

Rahmad beranggapan baik Beny Wahyudi maupun Supardi telah siap untuk mengisi posisi Nasuha. Hanya saja, untuk menurunkan pemain ini harus tepat dengan strategi yang akan diterapkan pelatih asal Belanda itu.

"Jika membutuhkan pemain belakang yang mempunyai tipikal menyerang, Beny Wahyudi sangat cocok untuk diturunkan. Untuk tipikal bertahan lebih baik menurunkan Supardi," katanya menambahkan.

Ditanya absennya Ahmad Bustomi dan Boaz Salossa, pelatih asal Lampung itu mengaku memang akan ada perubahan dari segi permainan. Hanya saja, absennya dua pemain itu mampu ditutup dengan pemain lainnya.

"Waktu lawan Palestina timnas bermain cukup bagus. Saya kira absennya dua pemain itu tidak mampengaruhi performa saat lawan Iran," katanya menerangkan.

Timnas senior dibawah asuhan Wim Rijsbergen sebelum turun melawan Iran terlebih dahulu akan menghadapi Yordania untuk melakukan pertandingan ujicoba terakhir di Amman, Minggu (28/8) dini hari.

Adapun pemain yang dibawa adalah Ferry Rontinsulu, Markus Haris Maulana dan I Made Wirawan yang ketiganya penjaga gawang.

Diposisi pemain belakang adalah M. Nasuha, M. Roby, Hamka Hamzah, Zulkifly Syukur, Benny Wahyudi, Supardi, Wahyu Wijiastanto dan Ambrizal.

Untuk pemain tengah adalah M. Ridwan, M. Ilham, Arif Suyono, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Oktovianus Maniani, Firman Utina dan Hariono.

Sedang untuk lini depan pelatih asal Belanda akan berharap pada Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Christian Gonzales dan Ferdinan Alfred Sinaga.

Setelah tandang ke kandang Iran, timnas Merah Putih dijadwalkan menjamu Bahrain di Stadion Utama Senayan Jakarta pada 6 September mendatang.
(T.B016/a032)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011