Kupang, NTT (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 6,8 skala richter terjadi di Kota Kupang ibu kota Nusa Tenggara Timur (NTT), pukul 14.57 WITA, Selasa. Tidak ayal, Kupang dilanda cukup kepanikan karena gempa itu.

Informasi yang diterima ANTARA Biro NTT di Kupang, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Geofisika Klas I Kupang, menyebutkan pusat gempa berada pada 6,47 Lintang Selatan/ 126,83 Bujur Timur.

Pusat gempa tersebut berada pada kurang lebih 271 km timur laut Dili, Timor Timur (Timor Leste) dengan kedalaman 469 km.

BMG Kupang menyatakan gempa tidak memiliki potensi tsunami itu, juga dirasakan di sejumlah daerah di NTT, antara lain, Kota Soe di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kefa di Kabupaten Timor Tengah Utara, Atambua di Kabupaten Belu, Waingapu di Sumba Timur serta Kabupaten Alor.

Seperti yang dipantau di hampir sebagian daerah di Kota Kupang, terlihat aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa, namun sedikit terjadi kepanikan.

Sebagaimana yang disaksikan di RS Bhayangkara Kupang, para pengunjung dan pasien yang sudah cukup sehat berhamburan ke luar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Tidak ada dampak kerugian dari guncangan gempa terebut.

"Saya takut karena itu saya kabur dari ruangan untuk selamatkan diri," kata salah seorang pasien yang hampir sembuh namun enggan menyebutkan namanya. (ANT-295)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011