Johannesburg (ANTARA News)- Burkina Faso dan Senegal lolos ke putaran final Piala Afrika 2012, Sabtu, sedangkan juara bertahan Mesir mengalami hal memprihatinkan setelah kandas di tangan Sierra Leone.

Gol pada tiap babak yang diciptakan Moussa Sow -- pencetak gol terbanyak pada kompetisi Liga Prancis (Ligue 1) musim lalu -- membuat Senegal menang kandang 2-0 atas Republik Demokratis Kongo dan tidak tersentuh lagi sebagai pemuncak Grup E dengan keunggulan lima poin.

Namibia mengalahkan tamu mereka Gambia 1-0 sehingga tim Burkinabe itu unggul enam poin di Grup F sedangkan penyandang gelar juara tujuh kali Mesir berada di urutan paling bawah Grup G setelah tendangan penalti pada akhir permainan membuat mereka kalah 1-2.

Setelah mengoleksi hanya dua poin dari empat pertandingan sebelumnya, Mesir akhirnya yakin mereka tidak memiliki peluang untuk tampil pada akhir turnamen yang mereka menangi tiga kali berurutan sejak 2006.

Libya melukiskan pergantian kepemimpinan politik di negaranya dengan mengenakan garis baru serta lagu nasional baru sebelum mengalahkan Mozambique 1-0 di tempat netral di Kairo dan menggantikan posisi Zambia sebain pimpinan Grup C.

Mantan juara Tunisia membuat langkah panjang ketika bergabung dengan Burkina Faso, Pantai Gading, Botswana, Senegal dan tuan rumah bersama Gabon dan Equatorial Guinea pada babak final 2012, setelah bermain imbang 0-0 dengan saingan terdekat mereka di Grup K, Malawi.

Kamerun, empat kali juara Piala Bangsa Afrika, mengalahkan Mauritius 5-0 pada laga liga mini yang dimenangi Senegal, sehingga harapan mereka masih hidup sebagai salah satu runner-up terbaik.

Absennya bintang striker Didier Drogba, yang mengalami cedera ketika mendukung Chelsesa akhir minggu lalu, tidak membuat Pantai Gading keteter di laga Grup H, setelah mnuai 17 gol dari lima pertandingan termasuk kemenangan 5-0 atas Rwanda.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011