Tokyo (ANTARA News/Reuters) - Depresi tropis Talas yang kekuatannya menurun dari badai tropis. melanda Jepang barat dengan menimbulkan hujan lebat akhir pekan, menyebabkan 17 orang tewas dan sejumlah lainnya hilang, kata stasiun televisi NHK, Ahad.

Tetapi tidak ada laporan kerusakan penting pada produksi pabrik, dan perusahaan Tokyo Electric Power Co mengatakan pusat listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang rusak dihantam tsunami, terletak di Jepang utara tidak terkena dampak badai itu.

Talas, yang menimbulkan hujan lebat di pulau Shikoku, Jepang barat Sabtu, dan menghantam pulau utama negara itu Ahad pagi, berada di lepas pantai barat negara itu Ahad petang, bergerak ke arah timur laut bagian utara dengan kecepatan angin 10 km per jam, kata Badan Meteorologi.

Gambar televisi menunjukkan tanah longsor dan rumah rumah yang terbuat dari papan terendam air dari sungai yang meluap di perfektur Nara, Jepang barat.

Seorang pejabat badan Meteorologi mengatakan hujan diperkirakan akan turun lagi walaupun pusat badai itu bergerak melewati Jepang dan penduduk harus tetap waspada.

(Uu.H-RN/B002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011