London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest, Hongaria, mengelar acara Indonesian Day di kota Nagykanizsa, Propinsi Zala, yang bertema dialog lintas agama dan budaya menyumbang kepada toleransi dan perdamaian.

Penyelenggaraan Indonesian Day itu dibuka duta besar (Dubes) RI untuk Republik Hungari, Kroatia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, Mangasi Sihombing, bersama Walikota Nagykanizsa, Istvan Marton.

Kegiatan tersebut dimeriahkan pula pameran foto Danau Toba dan tenun Ulos dari Sumatera Utara di gedung kebudayaan "Honved Kaszino", Nagykanizsa.

Sekretaris I Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Kebudayaan (Pensosbud) KBRI Budapest Arena, Sri Victoria, kepada koresponden ANTARA News di London, Rabu, mengatakan bahwa acara pembukaan Indonesian Day dimeriahkan dengan penampilan kesenian berupa tari-tarian serta pertunjukan film promosi Indonesia.

Walikota Istvan Marton menyatakan, kagum akan kekayaan budaya Indonesia dalam segala bentuk dan aspeknya, serta terjalinnya hubungan penuh kekeluargaan dengan Indonesia.

Sebagai penghargaan kepada KBRI Budapest, Istvan menganugerahkan dan menyematkan lambang kota Nagykanizsa ke dada Dubes RI.

Menurut Arena, acara pembukaan Indonesian Day juga diisi dengan ceramah Dubes RI Mangasi Sihombing yang dalam paparannya menggarisbawahi bahwa dialog lintas agama dan kerjasama kebudayaan merupakan bagian dari diplomasi Indonesia.

Dikatakannya, sejak lama Indonesia mempraktekkan dialog lintas agama secara internal dan belakangan diangkat di tingkat regional dan antar regional/internasional, dunia membutuhkan saling pengertian untuk memperkuat toleransi dan perdamaian.

Menurut Sihombing, ketidakpahaman atas esensi budaya dan keyakinan yang berbeda-beda dapat mengakibatkan kesalahpahaman yang bisa merusak suasana hidup berdampingan dan aman.

Dalam pertemuan Komisi Bersama Indonesia-Hongaria yang berlangsung Desember 2008 di Bali, Indonesia minta Hungaria dan kalangan bisnis ikut dalam kegiatan industri wisata khususnya di kawasan Danau Toba dan sekitarnya demikian juga Danau Maninjau di Sumatera Barat.  (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2009