Jakarta (ANTARA) - Jaromir Jagr, pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah NHL, melakukan gerakan di negara asalnya Republik Ceko untuk menggalang dana bagi pengungsi Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia.

Tim hoki profesional milik Jagr dalam Extraliga Ceko, Kladno, akan memainkan laga final musim reguler-nya Selasa dalam arena berkapasitas 18.000 tempat duduk di ibu kota Praha, dengan semua keuntungan akan disumbangkan kepada keluarga-keluarga Ukraina yang mengungsi ke Republik Ceko.

"Saya ingin mewujudkan ini di O2 Arena, karena ini adalah arena yang populer dan modern, di mana sejumlah besar orang bisa datang untuk membantu," tulis Jagr pada Facebook seperti dikutip Reuters, Selasa.

Baca juga: China tak siarkan Liga Premier pekan ini karena pesan pro-Ukraina
Baca juga: Dampak boikot olahraga global terhadap Rusia

"Saya ingin pendapat Anda jika Anda akan datang ke pertandingan dan membantu kami dengan cara ini, mereka yang paling membutuhkan saat ini." kata Jagr (50) yang juga bermain untuk Kladno.

Ia memposting video pada media sosial, Selasa, untuk meningkatkan kesadaran akan alasannya dan berharap terjual habis.

"Semua uang yang akan kami peroleh akan (digunakan) untuk orang-orang itu -- anak-anak, ibu-ibu dan orang tua -- untuk membantu mereka bertahan," kata Jagr. "Tapi kami membutuhkan lebih banyak bantuan."

Jagr mengenakan jersey nomor 68 dalam NHL untuk menandai tahun ketika kakeknya, yang ia tidak pernah bertemu, meninggal ketika tank-tank Soviet menghentikan pemberontakan Prague Spring di Cekoslovakia.

Baca juga: IPC kini larang atlet Rusia dan Belarus tampil di Paralimpiade Beijing
Baca juga: F1 cabut Grand Prix Rusia dari kalender setelah putuskan kontrak


 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022