Jakarta (ANTARA) - Meski Australia telah dibuka untuk dunia internasional, tidak semua orang bisa secara mudah melancong ke sana. Sebagai alternatif dari menjejakkan kaki langsung ke sana, "jalan-jalan" ke Australia bisa dilakukan secara mudah lewat lidah, dengan menyantap aneka olahan daging sapi dalam perhelatan The Great Steak Escape.

Acara yang diadakan jenama True Aussie Beef & Lamb, brand yang diprakarsai oleh Meat & Livestock Australia (MLA) pada 1-31 Maret 2022 menggandeng 24 koki dari restoran di Jakarta untuk menampilkan cita rasa, kualitas dan gizi daging sapi Australia.

"Kami bekerjasama dengan 24 chef bintang lima dan fine dining, kami ingin memberikan pengalaman makan daging sapi tender Australia yang berkualitas," kata Business Development Manager MLA Indonesia, Christian Haryanto, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Restoran steak ini tawarkan diskon khusus Hari Ibu

Sepanjang Maret, pencinta daging sapi bisa memilih menu-menu di restoran mitra yang bervariasi. Bukan cuma makanan ala Barat, tetapi juga makanan Asia seperti Jepang dan Indonesia. Lewat perhelatan yang memasuki tahun kedua, Haryanto ingin mengajak masyarakat mengetahui lezatnya daging sapi Australia selain potongan yang sudah populer seperti sirloin dan tenderloin.

Penikmat daging bisa mencoba menu menarik yang terbuat dari potongan daging sapi unik, sebut saja chuck, rump cap, hingga blade alias punuk.

Dalam konferensi pers "The Great Steak Escape 2022", para chef menampilkan menu-menu andalan dari olahan daging sapi Australia. Chef Martin Weise dari restoran Sailendra, Hotel JW Marriott Jakarta menyuguhkan beef tartar menggunakan potongan daging tenderloin.

Chef Rizky Annisa dari restoran PA.SO.LA, The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place menyuguhkan Australian Angus Beef Tenderloin Lobi-Lobi Glaze, Potato Puree dan Pelawan Mushroom Sauce. Sementara Culinary Director Riva Grill Bar & Terrace, Wyndham Hotel Jakarta, Deden Gumilar, memasak grill-roasted "kalio" beef steak menggunakan potongan daging tenderloin.

Menu lainnya yang bisa dicicip di restoran mitra antara lain wagyu paella, wagyu rump bites with truffle vinaigrette dan garlic chips, Australian picanha & prime top sirloin in Brazillian BBQ style hingga chuck eye roll yakiniku. Aneka olahan daging sapi Australia bisa ditemui di Amuz Gourmet Restaurant, Caspar, View Steak Bar di hotel Fairmont, Alto Restaurant & Bar di Four Season, Cutt & Grill, Seasonal Taste di The Westin Jakarta, La Brasserie di Le Meridien Jakarta, Summers at the Pool di Swissotel Jakarta, Steak Hotel by Holycow!, Bistrogram, Nusantara Restaurant di Mercure Jakarta, Portable Kitchen & Lounge, APREZ hingga SKYE.

Baca juga: Tori steak, ayam panggang ala Jepang berlumur saus spesial

Baca juga: Resep Dutch Steak ala Chef Norman

Baca juga: Makan burger truffle dikelilingi pemandangan gedung pencakar langit

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022