Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur berencana membuat waduk di RW 04 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk mengatasi genangan air atau banjir di wilayah tersebut pada musim hujan.

Kepala Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Sarjono, mengatakan, rencana pembuatan waduk tersebut atas usulan dari warga RW 04 dan RW 07 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati. 

"Untuk pelaksanaan pembuatan waduk masih menunggu proses mutasi dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta kepada Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, yang kemudian akan dilakukan pemaparan site plan waduk," kata Sarjono di Jakarta, Selasa.

Menurut Sarjono, rencana pembuatan waduk itu berada di lahan seluas sekitar 3.700 meter persegi milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. "Pembuatan waduk itu dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta," ujar Sarjono.

Lebih lanjut, Sarjono mengatakan, sebelum pembuatan waduk, akan dikerjakan terlebih dahulu pengerukan Kali Induk dan Kali Baru yang berada di lokasi tersebut, agar menampung volume air dalam waktu dekat ini.  “Pengerukan kali induk, akan kita lakukan secepatnya, setelah survei," tutur Sarjono.

Baca juga: Wagub Riza berharap dua waduk di Jabar rampung akhir 2021
Baca juga: Pengerjaan tiga waduk di Jakut harus segera selesai guna cegah banjir
Baca juga: Waduk Halim untuk kurangi banjir di Jakarta Timur

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2022