Bandarlampung (ANTARA) - "Bulan depan kita akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan kepariwisataan Festival Krakatau, saya minta semua pihak dapat memafaatkan momentum ini dengan baik," kata Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

Menurut Sjachrodin, banyak hal positif yang bisa dipadukan untuk menyukseskan ajang kepariwisataan nasional tahunan di Lampung itu, seperti acara budaya dan menghidupkan kembali tradisi-tradisi lama yang positif.

"Banyak hal yang biasa dilakukan oleh nenek moyang kita jaman dahulu yang positif, tapi sekarang sudah banyak punah, karena itu perlu dilesatarikan" katanya.

Dia mencontohkan, acara Taptu, yang merupakan salah satu tradisi masyarakat masa lalu saat memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI, setiap RT membawa tiga buah obor pada malam hari, juga sudah banyak habis.

Karena itu, kata Oedin, demikan panggilan akrab Sjachroedin ZP, pihaknya komitmen untuk terus melestarikan kebudayaan tersebut, dan diantaranya dipadukan dengan ajaran agama.

Festival Krakatau merupakan salah satu kalender tetap tahunan kepariwisataan nasional yang rutin digelar setiap tahun di Provinsi Lampung, dan untuk tahun 2011 ini sudah merupakan yang XXI. (ANT/M023)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011