Padang (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menyerukan optimistis karena saat ini pandemi akan berakhir.

"Ada banyak alasan untuk optimis, angka-angka yang ada saat ini menunjukkan pandemi akan berubah menjadi endemi," kata Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto di Padang, Rabu.

Baca juga: Padang terpilih jadi tuan rumah Rakernas Apeksi 2022

Ia menyampaikan hal itu pada Peluncuran Rakernas XV Apeksi dan Pameran Promosi Kota se-Indonesia yang akan dilangsungkan pada 7-10 Agustus 2022 di Padang.

Menurut Wali Kota Bogor itu badai akan segera berlalu dan data-data yang disampaikan oleh menteri menunjukkan hasil kerja keras dan kolaborasi para kepala daerah menangani pandemi sudah menunjukkan hasilnya.

"Ketika negara lain seperti Hong Kong berjibaku dengan angka kasus yang luar biasa, Indonesia hari ini di ujung pandemi," katanya.

Oleh sebab itu ia mengatakan, masyarakat Indonesia harus bangga dan semakin optimistis karena ini adalah persoalan ekonomi dan hajat hidup orang banyak yang akan segera pulih.

"Umat Islam juga tidak sabar untuk bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan normal, tarawih, shalat Idul Fitri dan saling mengunjungi," ujarnya.

Ke depan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan ekonomi kembali stabil dan tumbuh.

"Jadi kota yang pendapatannya minus segera kembali ke titik nol bahkan tumbuh," ujarnya.

Ia melihat ada banyak wali kota yang jeli memanfaatkan peluang selama pandemi agar ekonomi daerah bisa pulih dan bangkit kembali.

Selain itu ia menyampaikan Apeksi akan terus bersinergi dengan kementerian terkait dan berbagai pihak yang terus mendorong perkembangan dan kemajuan kota di Indonesia.

"Kolaborasi dengan perbankan, komunitas, kampus akan dikejar untuk mengejar perkembangan ekonomi," katanya.

Ia berharap Mukernas Apeksi bisa menjadi simbol kebangkitan ekonomi dan kolaborasi antara pemerintah kota di Tanah Air.

Sementara Wali Kota Padang Hendri Septa pelaksanaan Munas Apeksi XV di Padang diharapkan menjadi momen membangkitkan kembali ekonomi daerah usai pandemi.

"Ada 97 wali kota se-Indonesia yang akan hadir dan tak kurang dari 4.000 orang akan datang ke Padang, kami telah mempersiapkan diri dari sekarang dan semoga lewat kegiatan ini memberi dampak kepada perekonomian," ujarnya.

Baca juga: Dewan Pengurus APEKSI bahas 4 isu strategis

Baca juga: Apeksi tekankan kepala daerah berhubungan baik dengan KPK





 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022