New York (ANTARA News/AFP) - Raksasa perbankan Amerika Serikat (AS), Bank of America (BoA), mempertimbangkan memangkas hingga 40.000 pekerja sebagai bagian dari putaran pengetatan ikat pinggang yang diantisipasi secara hangat, demikian Wall Street Journal melaporkan, Jumat.

Journal mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan perusahaan telah membahas pemotongan 30.000 hingga 45.000 pekerjaan, tapi angka itu masih bisa berubah dan bahwa keputusan akan dilakukan selama periode beberapa tahun.

Pemotongan tersebut akan berjumlah lebih dari 10 persen dari tenaga kerja perusahaan.

Bank telah dihantam kerugian dari krisis keuangan 2007-2009 dan baru-baru ini dipukul dengan serangkaian tuntutan hukum multi-miliar dolar berkaitan dengan penerbitan tidak jujur sekuritas berbasis mortgage oleh anak perusahaan, Countrywide Financial dan Merrill Lynch.

Terbebani dengan tuntutan hukum, bank melaporkan kerugian bersih lebih dari sembilan miliar dolar AS pada kuartal kedua.

Di tengah rumor bahwa pihaknya memiliki masalah defisiensi modal yang serius, bulan lalu mengumumkan injeksi lima miliar dolar AS dari guru investasi Warren Buffett, Berkshire Hathaway.

Bank juga mengatakan akan menjual setengah dari 10 persen saham di China Construction Bank untuk menghimpun sekitar 8,3 miliar dolar AS tunai.
(Uu.A026/B012)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011