Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan Gelar Seni Budaya 2022 bisa membuka era baru wisata budaya daerah, khususnya di Kota Palangka Raya.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah pertunjukan saja, tetapi membuka era baru wisata budaya, kata Staf Ahli Gubernur Kalteng Yuas Elko di Palangka Raya, Rabu.

Gelar seni budaya ini memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, khususnya di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Baca juga: Padang Panjang suguhkan Festival Budaya Daerah pada KBN X

Kegiatan ini dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna dan pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dalam koridor ekonomi kreatif.

"Tentunya dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama," paparnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, gelar seni budaya ini dapat disaksikan secara virtual melalui siaran langsung pada media sosial Taman Budaya Kalimantan Tengah, sehingga siapa pun bisa mengakses dan menonton.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Adiah Chandra Sari mengatakan, kegiatan ini digelar berkala dan reguler menampilkan sanggar-sanggar seni yang ada di Palangka Raya.

Baca juga: Wariskan budaya sejak dini, Museum Siwalima gelar lomba busana daerah

Menurutnya, sektor pariwisata dan seni pertunjukan tidak boleh terjebak dalam kondisi pandemi saat ini, sehingga harus bisa terus dipacu serta dikembangkan.

"Harus dilakukan berbagai upaya menggairahkan kembali sektor pariwisata dan seni pertunjukan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tegas Adiah.

Ajang ini sekaligus diharapkan sebagai pendorong pelaku maupun praktisi seni, berkreasi dan inovasi dalam seni pertunjukan, yang pada akhirnya mampu membangkitkan ekonomi kreatif, terlebih jelang pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang.

Diharapkan ke depan sektor pariwisata dan seni pertunjukan di Kalteng, semakin berkembang dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gelar Seni Budaya 2022 ini dilaksanakan di Gedung Pertunjukan Terbuka, UPT Taman Budaya Kalteng yang berada di Palangka Raya.

Baca juga: Pariaman luncurkan buku pelajaran bahasa dan sastra Minangkabau

Baca juga: Pekan Budaya Daerah Sumbar membangun harapan kebersamaan seniman

Baca juga: Budaya daerah Sumsel akan diperkenalkan di Mesir

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022