Makassar (ANTARA) - Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar), yakni 
Mustika Alyani (Duta Inspirasi Susel) serta Husnaeni dan Muh Ichwan (Duta Inspirasi Sulbart).

Pemilihan Duta Inspirasi Indonesia merupakan program yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memilih 68 pemuda pemudi terbaik perwakilan 34 provinsi.

Dalam penjelasan di Makassar, Rabu, Husnaeni menyatakan bahwa melalui ajang pemilihan ini, dirinya memiliki keinginan kuat untuk berkontribusi dalam membumikan pentingnya para pemuda pemudi untuk terus berkarya dan berinovasi untuk mencapai bonus demografi dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Dari keinginan itu kami mampu bersaing dengan 400 orang dalam tahapan seleksi berkas dan wawancara, hingga kami berhasil ke tahap terakhir pada Pengumuman Final untuk menetapkan dua orang perwakilan dari setiap provinsi,” katanya.

Ia menjelaskan program yang difokuskan pada ajang tersebut berdasarkan kampanye proyek yang telah dibuat melalui "podcast".

Mengingat perkembangan media podcast saat ini begitu digemari oleh beberapa kalangan, terutama oleh kaum milenial, kata dia, maka  hal tersebut sebagai peluang untuk memberikan inspirasi sebanyak dan seluas mungkin.

Sementara itu, Muh Ichwan menyatakan melalui ajang Duta Inspirasi Indonesia ini, selaku Duta Inspirasi Sulbar, ia menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan visi misinya menjadi pemuda/pemudi yang inspiratif.

Ia akan berusaha senantiasa memberikan kontribusi dan karya terbaik untuk negeri serta bekerja sama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan menjadi "Brand Ambassador" resmi Duta Inspirasi Indonesia dalam menebar kermanfaatan seluas-luasnya.

Sedangkan Mustika Alyani menyampaikan harapannya untuk dapat terus berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan positif yang dapat menginspirasi mahasiswa dan membanggakan nama baik Unhas.

“Sebagai Duta Inspirasi terpilih, kami akan berkontribusi semaksimal mungkin untuk kampus kami tercinta, Unhas. Kami akan berusaha menjadi 'role model' bagi mahasiswa lain dan mengharumkan nama baik Unhas di tingkat nasional dan internasional melalui program Duta Inspirasi Indonesia,” katanya

Selanjutnya, ketiga mahasiswa Unhas tersebut akan mengemban amanah selama tiga bulan dalam menginspirasi pemuda pemudi Indonesia.

Baca juga: Unhas bebaskan UKT bagi mahasiswa terdampak bencana Sulbar

Baca juga: Inovasi material antipeluru mahasiswa Unhas lulus uji Divisi Kostrad

Baca juga: Tim mahasiswa Unhas raih medali emas ajang WICE

Baca juga: 800 Mahasiswa KKN Unhas edukasi COVID-19 di Jeneponto

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022