Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran peringkat tiga dunia Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir semakin dekat ke gelar keempat tahun ini setelah membukukan tempat di final Taiwan Terbuka Grand Prix Gold, Sabtu.

Pasangan unggulan pertama tersebut maju ke final setelah mengalahkan pasangan Korea Lee Yong Dae-Ha Jung Eun 21-12, 21-16 dalam waktu 31 menit pada semifinal turnamen berhadiah 200.000 dolar AS yang berlangsung di Taipei, Taiwan tersebut.

"Alhamdulillah kami bisa menang dan maju ke final. Meskipun kami menang sebelumnya namun kami tidak lengah dan tetap fokus di lapangan," ujar Tontowi kepada laman resmi PB PBSI.

Tahun ini, pasangan yang mulai berduet akhir tahun lalu itu telah meraih tiga gelar beruntun yang diperoleh pada turnamen India Super Series, Malaysia GP Gold dan Singapura Super Series.

Sementara itu pasangan unggulan ketiga Fran Kurniawan-Pia Zebadiah gagal membukukan final sesama ganda campuran Indonesia setelah dikalahkan pasangan Korea lainnya Ko Sung Hyun-Eom Hye Won 20-22, 13-21.

Indonesia juga meloloskan ganda putri Greysia Polii-Meiliana Jauhari ke final setelah mereka menyisihkan unggulan pertama Cheng Wen Hsing-Chien Yu Chin dari Taiwan 21-12, 21-18.

Pada final Greysia-Meiliana akan melawan unggulan kedua asal Korea Ha Jung Eun-Kim Min Jung yang memenangi duel pasangan Malaysia Vivian Hoo-Woon Khe Wei 21-18, 21-16.

Rekor pertemuan kedua pasangan adalah 1-1 dengan pertemuan terakhir dimenangi ganda Korea pada Singapura Super Series tahun ini.

Adapun partai semifinal sesama pemain Indonesia antara Sony Dwi Kuncoro dan unggulan keenam Tommy Sugiarto dimenangi Tommy 22-20, 22-24, 21-13 yang membawanya ke partai puncak bertemu unggulan 15 Tanongsak Saensomboonsuk dari Thailand yang menundukkan unggulan teratas Nguyen Tien Minh dari Vietnam 21-18, 21-12.

Sony yang mampu memperketat angka pada game pertama maupun kedua, mengatakan pada game ketiga tidak mampu mengimbangi permainan Tommy.

"Game ketiga Tommy lebih berani bermain menyerang dan cepat, sementara saya masih terlalu pelan dan tidak bisa mengikuti kecepatan dan smes Tommy," kata Sony mengakui keunggulan lawannya.

Unggulan keempat ganda putra Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan gagal mencapai final setelah unggul lebih dulu hingga 15-13 pada game ketiga sebelum akhirnya menyerah 21-18, 18-21, 18-21 pada pasangan Korea unggulan kedua Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong.

"Sewaktu memimpin kami jadi terburu-buru," kata Alvent usai pertandingan.

Pada final, ganda Korea itu bertemu rekan senegara mereka unggulan pertama Jung Jae Sung-Lee Yong Dae yang meyisihkan pasangan Korea lainnya Kim Ki Jung-Shin Baek Cheol 22-20, 21-15.

Final tunggal putri mempertemukan pemain Thailand unggulan ketiga Ratchanok Inthanon dengan unggulan keempat asal Korea Sung Ji Hyun.
(T.F005/A020)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011