Dar Es Salaam (ANTARA News/Reuters/AFP) - Satu kapal feri yang membawa lebih dari 500 penumpang dari Zanzibar menuju pulau Pemba di lepas pantai Tanzania, Afrika timur, karam, dan 51 orang diduga tewas, kata stasiun radio swasta, Sabtu.

Radio swasta Tanzania Capital, yang dikutip kantor berita AFP, mengatakan 51 orang tewas dalam kecelakaan itu dan 269 orang cedera, tetapi belum ada konfirmasi resmi mengenai jumlah korban itu.

Zanzibar, yang juga dikenal sebagai Unguja, dan Pemba adalah dua pulau utama di kepulauan Zanzibar, satu tujuan wisata yang populer bagi wisatawan karena pantai Samudra Hindianya yang putih.

"Manifes kapal MV Spice Island itu menunjukkan bahwa kapal itu berlayar dari pulau utama Unguja ke pulau Pemba membawa lebih dari 500 penumpang," kata komandan polisi Zanzibar Mussa Alli Mussa kepada Reuters.

"Sejauh ini sekitar 260 penumpang diselamatkan... kami menemukan beberapa mayat tetapi kami tidak dapat memberikan kepada anda jumlah pasti mereka yang tewas karena situasi sangat rawan," katanya.

Pemba terletak sekitar 40Km dari Zanzibar.

Mussa mengatakan para petugas pertolongan dengan bantuan kapal penangkap ikan di daerah itu membantu menolong para penumpang dan menemukan mayat-mayat.

"Karena angin laut yang kencang, beberapa mayat mungkin hanyut ke Tanga (Tanzania)," katanya. "Penyebab kecelakaan itu untuk saat ini belum dapat dikonfirmasikan."

(Uu.H-RN/C003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011