Zanzibar, Tanzania (ANTARA News) - Para korban yang selamat dari sebuah kapal feri  tenggelam di lepas pantai kepulauan Zanzibar mengatakan muatan kapal tersebut melebihi kapasitas.

Para anggota tim pertolongan berhasil menyelamatkan 612 orang dari kapal MV Spice Islander, kata menteri negara untuk urusan darurat Zanzibar Mohammed Aboud.

Feri, yang sedang dalam perjalanan antara Unguja dan Pemba-- dua dari tiga pulau yang masuk dalam daerah semi otonomi Zanzibar -- meninggalkan Unguja sekitar pukul 21:00 waktu setempat Jumat (01:00 WIB Sabtu) dan karam empat jam kemudian.

Beberapa penumpang yang selamat menuduh para pejabat pelabuhan dan feri mengabaikan protes-protes dari para penumpang menyangkut muatan kapal yang berlebihan.

Menteri negara urusan darurat Aboud mengemukakan kepada AFP Zanzibar "meminta bantuan darurat pada Dar Es Salaam termasuk para penyelam untuk membantu usaha-usaha penyelamatan.

Feri itu dilaporkan banyak mengangkut kargo dan barang-barang lainnya.

"Operasi-operasi pertolongan terhambat akibat kurangnya peralatan," kata wakil menteri urusan prasarana dan komunikasi Issa Gavu kepada AFP.

Penyelam Al Shante yang tiba di lokasi itu sekitar lima jam setelah feri itu karam mengatakan banyak yang diselamatkan "ditemukan mengapung dengan menggunakan kasus-kasur, kayu dan kantong-kantong beras."
(H-RN)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011