Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) time trial Indonesia untuk mencari perenang ini yang akan mengisi tim nasional (timnas) untuk SEA Games Vietnam pada Mei mendatang.

Seleknas time trial itu diikuti oleh para perenang pelatnas dan non pelatnas peringkat 10 besar PB PRSI dijadwalkan berlangsung selama tiga hari pada 10-12 Maret di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dimulai dengan babak penyisihan pada pukul 09.00 WIB dan babak final mulai pukul 17.00 WIB, Seleknas tersebut akan menentukan 16 perenang yang akan masuk tim inti untuk membela Merah Putih di SEA Games.

"Sampai saat ini menurut informasi Kemenpora dan KOI totalnya 16 atlet, dan itu nanti nama-namanya akan kita tentukan setelah seleksi ini selesai dalam tiga hari ini hingga hari Sabtu," kata Waketum PB PRSI, Harlin Rahardjo, ditemui usai time trial hari pertama, Kamis.

"Jadi, kita akan tentukan dulu nama dari yang 16, mudah-mudahan nanti ada tambahan kuota, kita berharap, tapi sampai kemarin informasinya 16, dan nanti kita akan pilih 16 itu dari hasil ini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: PRSI lakukan time trial setiap dua pekan sekali menuju SEA Games Hanoi
Baca juga: PB PRSI panggil 16 perenang ikuti pelatnas SEA Games dan Asian Games


Hasil time trial hari pertama menunjukkan bahwa perenang yang masuk pelatnas masih mendominasi. Namun, beberapa perenang muda berhasil menyodok ke dua besar, salah satunya perenang putri berusia 18 tahun Serena Muslim asal Sumatera di nomor 100 meter gaya bebas.

"Banyak perenang-perenang muda yang muncul walaupun masih belum level untuk tim SEA Games, tapi ada beberapa yang berumur 13 tahun, 14 tahun, tapi sudah bisa menunjukkan waktu yang cukup baik," kata Harlin.

Dia berharap perenang yang belum mampu menunjukkan waktu terbaiknya dapat memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mencapai prestasi puncak. Sebab, Harlin memperkirakan SEA Games Vietnam akan berlangsung ketat setelah ditunda enam bulan.

Meski begitu, dia melihat peluang terbuka lebar, terlebih sejumlah pesaing diperkirakan tidak dapat mengikuti pesta olahraga Asia Tenggara itu.

"Dan, kita akan pantau terus termasuk ada dua perenang kita, yang satu sedang latihan di Amerika Serikat, dan satu sedang latihan di Jerman, mereka juga akan melakukan time trial," kata Harlin.

Harlin mengatakan perenang berdarah Indonesia-Amerika, Kaike Crews, juga akan melakukan time trial di California, Amerika Serikat, pada 12 Maret.

"Jadi, semua waktu itu akan kita kumpulkan, semua potensi-potensi perenang Indonesia, dan akan kita tentukan 16 perenang terbaik," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Atlet renang Indonesia uji coba ke Singapura jelang SEA Games Hanoi
Baca juga: Empat atlet Sulsel terancam gagal perkuat Indonesia di SEA Games

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022