Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (11/3) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya tren kasus aktif COVID-19 menurun, target penyaluran bantuan sosial 100 persen pada akhir Maret, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperbolehkan Shalat Jumat, Tarawih dan Id dengan saf rapat.

Kemenkes: Tren kasus aktif menurun konsisten sejak akhir Februari

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, angka kasus aktif COVID-19 di Indonesia menurun secara konsisten sejak 28 Februari 2022 hingga saat ini.

"Angka penurunan kasus aktif COVID-19 terus turun secara konsisten sejak akhir Februari 2022 lalu. Ini memberikan optimisme pada upaya penanganan COVID-19 yang saat ini dilakukan pemerintah," ujar Siti Nadia Tarmizi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat pagi.

MUI bolehkan Shalat Jumat, Tarawih dan Id dengan saf rapat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperbolehkan Shalat Jumat, Tarawih dan Shalat Id dengan saf rapat yang dituangkan dalam Surat Bayan (penjelasan) Dewan Pimpinan MUI tentang Fatwa terkait Pelaksanaan Ibadah dalam Masa Pandemi.

"Umat Islam wajib menyelenggarakan Shalat Jumat dan boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak, seperti jamaah shalat lima waktu/rawatib, Shalat Tarawih dan Shalat Id di masjid atau tempat umum lainnya, serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim dengan tetap menjaga diri agar tidak terpapar COVID-19," demikian surat Bayan yang ditandatangani Ketua Komisi Fatwa Asrorun Niam dan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menko PMK targetkan penyaluran bansos capai 100 persen akhir Maret

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menargetkan penyaluran bantuan sosial (bansos) terhadap keluarga penerima manfaat dapat mencapai 100 persen pada akhir Maret 2022.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Menko Muhadjir mengatakan bahwa saat ini penyaluran bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara nasional sudah mencapai angka 90-an persen.

UNESCO soroti pentingnya solidaritas global dalam visi pendidikan 2050

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) menyoroti pentingnya solidaritas global dalam visi pendidikan dunia 2050.

"UNESCO telah menempatkan pendidikan sebagai kunci dalam kemajuan sebuah bangsa guna menciptakan solidaritas global, di samping kesehatan. Keduanya saling menguatkan," ujar Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sekitar 14 juta warga sudah divaksinasi COVID-19 dosis penguat

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyebutkan sebanyak 14.013.132 warga sudah mendapatkan dosis ketiga dari vaksinasi COVID-19 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Jumlah vaksinasi dosis ketiga (booster) tersebut, didapat setelah mengalami penambahan sebanyak 326.976 jiwa.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022