Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan Cina tertarik dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Indonesia karena dinilai berhasil dalam menanggulangi kemiskinan.

"Cina tertarik dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM, red) Mandiri," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono usai membuka forum kerjasama Cina -ASEAN di  Jakarta, Rabu.

Agung menjelaskan, PNPM Mandiri dinilai Cina sangat tepat karena memberikan kesempatan langsung kepada masyarakat untuk memilih sendiri pola program untuk penanggulangan kemiskinan.

"Selain PNPM Mandiri mereka juga tertarik pada program Kredit Usaha Rakyat atau KUR," kata Agung yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

Dia menambahkan, untuk mengetahui lebih banyak tentang PNPM Mandiri dan KUR maka perwakilan dari pemerintah Cina akan mengunjungi daerah percontohan program kemiskinan yang ada di Indonesia.

"Menurut rencana, daerah yang akan dikunjungi adalah PNPM pedesaan dan perkotaan yang ada di Bogor dan Sumedang," katanya.

Kunjungan tersebut, tambah Agung merupakan bagian dari kegiatan forum kerjasama Cina - ASEAN bidang pengurangan kemiskinan atau The 5th China-Asean Forum on Social Development and Poverty Reduction.

Sementara itu, pelaksanaan The 5th China-Asean Forum on Social Development and Poverty Reduction di Indonesia mengangkat tema "Poverty Reduction Through Quality of Growth".

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan dibuka oleh Menko Kesra Agung Laksono.
(*)
 



Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011