Batu, Jawa Timur (ANTARA News) - Kejuaraan balap sepeda downhill "Unifikasi Komunitas Downhill Indonesia " (UKDI) Djarum 76 seri 2011 yang berlangsung di Bukit Klemuk, Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur, dihentikan.

Ketua Panitia Kejuaraan, Parama Nugroho, Jumat mengatakan, penghentian sementara kejuaraan itu untuk menghargai salah satu peserta yang tewas dalam sesi latihan pada Jumat Siang, saat melalui lintasan (marshall) ke-11 dan ke-12.

"Saat ini kita hentikan dahulu kejuaraaan balap sepeda ini, guna menghargai salah satu peserta yang meninggal dalam sesi latihan, dan mudah-mudahan tidak terjadi lagi kecelakaan yang menewasakan peserta," katanya.

Parama mengatakan, kematian peserta bernama Hery Budiono (51) warga Jalan Ahmad Yani, Blimbing 104, Kota Malang, membuat dirinya dan peserta lain terpukul, sebab kejadian itu tidak pernah ada selama kejuaraan.

"Ini baru pertama kali ada peserta yang tewas dalam kejuaraan balap sepeda downhill, dan kami harapkan ini juga yang terakhir, sehingga tidak terjadi lagi ke depan," kata Parama.

Pramana menjelaskan, dalam kejuaraan balap sepeda itu, seluruh peserta telah memenuhi prosedur keamanan, termasuk menggunakan pelapis tubuh dan pelindung kepala.

Namun, Pramana menduga, kematian Hery itu akibat leher korban patah terkena benturan keras saat terjatuh ke jurang Bukit Klemuk.

Pramana mengakui, dalam setiap kejuaraan balap sepeda, belum ada yang menerapkan standar keamanan dengan memberi perlindungan leher pada pembalap, sehingga rawan patah dan terkena benturan. (ANT)


Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011