Jayapura (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedi Saleh mengatakan, pemogokan yang dilakukan oleh karyawan PT Freeport Indonesia sejak tanggal 15 September  menimbulkan banyak kerugian .

"Soal kerugian perusahaan dan Negara tentu saja sangat berpengaruh. Jangan lupa, ada banyak peralatan tambang dan daerah di areal Freeport yang perlu mendapatkan perhatian dan perawatan setiap harinya. Sehingga dikhawatirkan jika terus mogok, alat dan daerah rawan itu bisa jadi sumber bencana," katanya di Jayapura, Sabtu malam.

Menteri ESDM Darwin Zahedi Saleh, yang memberikan keterangan pers didampingi Dirjen Mineral dan Batuan, Thamrin Sihite, Asisten I Setda Provinsi Papua, Eliezer REnmaur, dan Kapolda Papua Irjen Pol Bigman Lumban Tobing, serta presiden Direktur dan CEO PTFI, Armando Mahler usai pertemuan tertutup berharap mogok kerja karyawan itu bisa segera usai.

"Kita berharap persoalan yang terjadi di PT Freeport Indonesia (PTFI) ini segera berakhir secara baik, dengan berbagai pendekatan dan perundingan pihak terkait," ujarnya.

Sementara Dirjen Minerba pada Kementerian ESDM, Thamrin Sihite menjelaskan, potensi bencana yang bisa dihasilkan akibat pemogokan karyawan PTFI antara lain kalau tidak ada perawatannya pada alat tambang, bisa cemarkan lingkungan.

Dia juga katakan, di areal PTFI juga ada waduk, yang pernah longsor dan tanahnya masih berupa timbunan dan jika longsor  air sungai tercemar dan banjir  bandang bisa  menyapu rumah penduduk di hilir dan lainnya.
(ANT)


Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011