Jakarta (ANTARA) - Sektor ekspres dan pengiriman China diperkirakan akan mencatat konsolidasi yang lebih cepat melalui merger dan akuisisi (M&A) dalam beberapa tahun ke depan, menurut laporan dari Fitch Ratings.

Sejak 2021, China telah menjalin serangkaian kesepakatan M&A termasuk oleh JD Logistics, Inc. dan S.F. Holding Co., Ltd. yang masing-masing dilaporkan telah menyelesaikan akuisisi, kata laporan itu.

"Persaingan kemungkinan akan terus ketat dalam jangka menengah," papar laporan itu, mencatat bahwa operator besar memperluas kapasitas secara agresif untuk mencapai skala ekonomi dan pangsa pasar yang lebih tinggi.

Fitch memperkirakan konsolidasi akan berlanjut dalam beberapa tahun ke depan, dengan operator-operator besar mengakuisisi mitra yang lebih kecil atau bahkan mitra dengan skala bisnis yang sama, terutama target dengan model bisnis serupa atau di mana keputusan akuisisinya akan menghasilkan sinergi.

Menurut Biro Pos Negara, total pendapatan dari sektor ekspres dan pengiriman akan tumbuh 11 persen secara tahunan mencapai 1,4 triliun yuan (1 yuan = Rp2.261) tahun ini. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022