Jakarta (ANTARA News) - Timnas bola basket Indonesia yang disiapkan untuk SEA Games 2011 sukses menundukkan Bahrain 85-62 pada lanjutan kejuaraan FIBA Asia di Wuhan, China, Senin.

Pada pertandingan ini Andi "Batam" Poedjakesuma bermain cemerlang dengan mengumpulkan 32 poin disusul Christian Ronaldo Sitepu dengan 18 poin, Xaverius Prawiro dengan 11 poin, Ponsianus Nyoman tujuh poin dan Dimas enam poin.

Meski menang cukup jauh, anak asuh Rastafari Horongbala ini sempat kurang berkembang di kuarter pertama. Terbukti timnas harus mengakui keunggulan lawan dengan skor yang cukup jauh yaitu 12-17.

Memasuki kuarter kedua duet Andi Batam dengan Christian Ronaldo Sitepu dan didukung pemain lainnya mulai mampu mengembangkan pertandinga. Poin demi poin berhasil diraih hingga mampu membalikkan kedudukan yaitu 36-34.

Mampu unggul, timnas Merah Putih terus berusaha mempertahankan keunggulannya. Lewat lemparan dua dan tingga angka serta sistem pertahanan yang cukup solid akhirnya mampu mengakhiri kuarter tiga dengan 53-45.

Unggul lumayan jauh tidak mengendurkan semangat timnas yang disiapkan untuk SEA Games 2011 di Tanah Air itu. Tekanan demi tekanan terus dilakukan. Terbukti hasilnya cukup efektif. Akhirnya Andi Batam dan kawan-kawan mampu mengakhiri pertandingan ini dengan skor 85-62.

Kemenangan yang diraih oleh anak asuh Rastafari Horongbala pada FIBA Asia ini merupakan yang pertama. Sebelumnya timnas harus menyerah dari Jepang, Suriah, dan Yordania.

"Kunci dari kemenangan ini adalah defence yang kuat. Kami juga mampu memaksimalkan "fast break". Bintang hari ini adalah Batam. Dia layak disebut Super Batam," kata asisten pelatih timnas Fictor Roring saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Menurut dia, pada awal pertandingan permainan Andi Batam dan kawan-kawan memang kurang memuaskan. Tetapi dengan merubah berbagai pola permainan akhirnya mampu mengendalikan permainan hingga bertandingan berakhir.

Setelah mengalahkan Bahrain, timnas Merah Putih akan ditunggu lawan lainnya yaitu India. Sesuai dengan jadwal, pertandingan untuk merebutkan posisi 13-14 ini akan berlangsung Selasa (20/9).
(.B016)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011