Jakarta (ANTARA) - Matteo Berrettini menyelamatkan tiga set poin untuk mengalahkan petenis Afrika Selatan Lloyd Harris 6-4 7-5, sementara petenis Amerika Taylor Fritz selamat dari pertarungan hampir tiga jam melawan Jaume Munar untuk maju ke babak 16 besar di Indian Wells, Selasa malam waktu setempat (Rabu WIB).

Petenis peringkat tujuh dunia asal Rusia Andrey Rublev menjalani pertandingan yang lebih sederhana melawan harapan lokal Frances Tiafoe, menutup pertandingan partai putra dengan kemenangan 6-3 6-4 dalam 70 menit.

Rublev (24) akan menghadapi Hubert Hurkacz untuk memperebutkan satu tempat di perempat final dengan petenis peringkat 11 dunia itu mengakhiri laju petenis Amerika lainnya Steve Johnson 7-6(7) 6-3 pada hari sebelumnya.

Baca juga: Kalah dari Monfils, Medvedev kehilangan peringkat 1 dunia

Finalis Wimbledon Berrettini memenangi 88 persen dari servis poin pertamanya dan meluncurkan ace ke-12 pada match point untuk memastikan kemenangan.

Unggulan keenam asal Italia itu terpaksa mundur karena cedera dalam pertandingan di Acapulco bulan lalu dan terlihat lemah dalam pertandingan babak kedua melawan pemain kualifikasi berusia 18 tahun Holger Rune dua hari lalu.

Namun, pada pertandingan babak ketiga dia menampilkan performa yang baik dengan melakukan pukulan lob dan drop shot yang cekatan bersama dengan forehand dan servisnya yang kuat.

Petenis berusia 25 tahun itu merupakan pria Italia pertama yang mencapai perempat final atau lebih baik di keempat turnamen utama dan mengatakan keberhasilannya di panggung olahraga terbesar dunia itu telah memicu minat tenis di negara asalnya.

Baca juga: Tsitsipas tak masalah tersingkir lebih awal di Indian Wells

"Ketika saya masih kecil, saya bermimpi bermain tenis, tetapi tidak pada level ini. Itu masih membuat saya merasa seperti, benarkah? Ini saya?" kata Berrettini dikutip dari Reuters.

"Di Italia saya mendapatkan semakin banyak dukungan. Banyak orang mulai menonton tenis. Jadi itu bagus."

Berrettini akan menghadapi petenis Serbia Miomir Kecmanovic, yang mengalahkan Botic van de Zandschulp dua set langsung, di babak perempat final.

Fritz yang berasal dari California Selatan mengeluarkan raungan dahsyat setelah dia memberikan pukulan knockout untuk mengakhiri pukulannya dengan Munar 6-4 2-6 7-6(2) di depan penonton yang mendukung.

Fritz melewati pertarungan berbahaya di set pertama, menyelamatkan tujuh break point dan merebut set ketika petenis Spanyol itu melakukan kesalahan ganda.

Baca juga: Swiatek lolos ke perempat final perdana Indian Wells

Munar meningkatkan servisnya di set kedua untuk memaksakan set ketiga yang ketat, yang dimenangi Fritz dengan ace ke-11 dalam pertandingan tersebut.

Selanjutnya, lawan Fritz pada babak keempat adalah petenis Australia Alex de Minaur, yang menang 7-6(2) 6-4 melawan petenis Amerika Tommy Paul.

De Minaur memimpin 3-1 atas Fritz dalam pertemuan karier mereka sebelumnya.

Pada pertandingan babak keempat lainnya, petenis Amerika John Isner menikmati kemenangan bebas stres 7-5 6-3 atas unggulan ke-14 Diego Schwartzman dan selanjutnya akan menghadapi petenis Bulgaria Grigor Dimitrov.

Baca juga: Nadal bukukan kemenangan ke-400 ATP Masters di Indian Wells

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022