Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan Presiden Joko Widodo mampu mengglorifikasikan ajang MotoGP Mandalika yang dihelat di Indonesia.

Muhaimin menjelaskan selain balapan digelar di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Presiden juga menghadirkan para pebalap MotoGP beserta sepeda motornya ke Istana Negara.

"Melakukan parade di jalanan ibu kota merupakan glorifikasi yang bisa memunculkan kebahagiaan masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi mengundang pembalap Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, dan para pebalap MotoGP lainnya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Dua pebalap muda Indonesia bertemu presiden dan ikut parade MotoGP

Kedatangan mereka lengkap dengan sepeda motor yang akan digunakan saat ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3).

Presiden Jokowi mengajak para pembalap MotoGP menikmati wedang jahe di Istana Merdeka, berfoto dengan kostum balap, dan berbincang santai dengan para pembalap.

”Saya lihat para pembalap MotoGP sangat menikmati momentum bersama Presiden Jokowi. Saya nggak tahu pasti, tapi ini mungkin tidak ada dalam ajang MotoGP di negara-negara lainnya,” kata Muhaimin.

Baca juga: Sejumlah pembalap MotoGP sampaikan kesan bertemu Presiden Jokowi

Muhaimin menegaskan hadirnya kembali ajang balap motor internasional di Indonesia menunjukkan kecanggihan Presiden Jokowi dalam membuat satu kebijakan.

”Ajang balap MotoGP di Mandalika ini menjadi satu pilihan sangat tepat untuk mengisi ruang publik yang lagi kosong selama dua tahun terakhir," ungkapnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menuturkan tingkat kepuasan publik cukup tinggi terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin yang mencapai 73,9 persen berdasarkan hasil survei Litbang Kompas.

Tingkat kepuasan publik itu, kata dia, tercatat sebagai yang tertinggi sejak survei serupa pada masa-masa awal pemerintahan Jokowi pada 2015.

Baca juga: Presiden Jokowi terima pebalap MotoGP di Istana Merdeka

Ajang MotoGP Mandalika 2022 bakal digelar pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. MotoGP Mandalika merupakan seri kedua MotoGP 2022 setelah akhir pekan lalu digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Rangkaian MotoGP 2022 akan dimulai dengan sesi "free practice" 1 dan 2 pada Jumat (18/3) pukul 08.00 WIB atau 09.00 WITA. Sementara tahap free practice 3, 4, dan kualifikasi akan berlangsung pada Sabtu (19/3).

Kemudian race atau balapan akan bergulir pada Minggu (20/3). Selain tiga hari seri MotoGP, Moto2, dan Moto3, ajang Grand Prix di Sirkuit Mandalika akan menggelar dua balapan Asia Talent Cup pada 19 Maret dan 20 Maret 2022.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022