Depok, Jabar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Kecamatan Tapos dapat meningkatkan akselerasi digital.

"Kehadiran teknologi sangat penting dalam transformasi digital terhadap keperluan pelayanan dasar kepada masyarakat," kata Imam Budi Hartono usai menghadiri Ground Breaking Gedung Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kemenkominfo di Depok, Rabu.

Baca juga: Kominfo bangun gedung baru balai uji coba perangkat TIK

Imam mengatakan dengan keberadaan BBPPT di Kota Depok dapat menjadi penopang transformasi digital di Indonesia, khususnya Kota Depok. Sebab, BBPPT dapat menjamin ketersediaan perangkat yang memenuhi standar Internasional.

BBPPT katanya memiliki fungsi untuk memastikan peralatan radio dan perangkat-perangkat yang digunakan oleh masyarakat memenuhi standar Undang-undang Telekomunikasi maupun aturan turunannya. Yakni dengan memberikan sertifikat bagi proses produksi dan ekonomi kepada pembuat serta pengembang perangkat-perangkat tersebut.

Baca juga: Kominfo jamin standardisasi perangkat transformasi digital

Dikatakannya masyarakat sekitar lokasi juga tidak perlu khawatir terhadap gelombang elektromagnetik dari perangkat-perangkat yang ada di BBPPT, karena BBPPT memiliki standar keamanan yang tinggi dan bertaraf internasional.

"Di sini hanya lokasi pengujian, justru ini hanya mendeteksi sedini mungkin perangkat yang dipakai oleh masyarakat aman digunakan," katanya.

Baca juga: BPPT rekomendasikan tiga skenario untuk kereta semi cepat Jakarta-Surabaya

Imam berharap, kehadiran BBPPT di Kota Depok, khususnya Kecamatan Tapos dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten di Kota Depok dapat terakomodir oleh BBPPT.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2022