Jakarta,  (ANTARA News) - Departemen Perhubungan (Dephub) mengumumkan, sampai saat ini sebagian besar angkutan umum (AU) di Indonesia sudah menurunkan tarif 10-20 persen..

"Laporan yang masuk hingga Rabu (28/1), sebagian besar dinas perhubungan di Indonesia, angkutan umum di wilayahnya, telah turun (tarif, red)," kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Dephub, Sudirman Lambali saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Penurunan tarif angkutan umum hingga 10 persen diimbau pemerintah sejak harga jual BBM untuk solar dan premium diturunkan hingga tiga kali pada 15 Januari 2009

Lambali memberikan contoh, angkutan umum di Bogor Jawa Barat, tarifnya turun 20 persen, Padang 12 persen dan Surabaya 10,46 persen.

"Memang besarannya tergantung daerah masing-masing," katanya.

Lambali tidak merinci berapa total Dinas Perhubungan di Indonesia yang sudah melaporkan penurunan tarif angkutan umum di wilayahnya masing-masing.

"Saya tak ingat, tapi datanya ada," katanya.

Namun, katanya, sejumlah daerah ternyata masih membahas rencana penurunan tarifnya dengan pihak terkait, misalnya Organda dan DPRD setempat.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009