Sidoarjo (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Boediono, mengunjungi lumpur Lapindo di titik 25 selama kurabg lebih tiga puluh menit dalam kunjungan kerjanya di Sidoarjo.

"Saya kesini untuk pertama kali menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana menangani musibah yang sudah beberapa tahun ini dihadapi oleh masyarakat Sidoarjo sini yaitu penanganan lumpur ini," katanya saat berbicara dengan petinggi Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo di titik 25, Kamis.

Ia mengemukakan, untuk menghadapi kendala-kendala yang ada, kedepan harus ditangani lebih baik lagi.

Karena menurutnya, risiko untuk penanganan ini dari segi alam maupun dari segi yang lain itu cukup besar misalnya hujan akan turun dalam musim hujan nanti.

"Hal ini akan diantisipasi dan saya yakin nanti akan ada upaya-upaya yang maksimal untuk itu. Kami juga sudah membicarakan pula bagaimana bisa mengelola luapan ini sehingga tidak perlu dari waktu ke waktu," katanya.

Dirinya juga menyampaikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo maupun aparat keamanan yang ada di kawasan tersebut.

Ia juga mengajak untuk mengelola lumpur ini dengan sebaik baiknya dengan tujuan bahwa luapan ini akan diselesaikan dengan tuntas.

"Kami akan buat suatu program untuk membangun sehingga apa yang dilihat dengan perasaan negatif itu akan menjadi suatu problem menjadi sesuatu yang punya nilai tambah baik dari segi ekonomi maupun sosial," katanya.

Dirinya juga meminta kepada semua pihak untuk tetap tenang bersama-sama untuk menyelesaikan masalah ini.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011