AsiaNet 46454

HO CHI MINH CITY, 22 September 2011 (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) --

     Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin kuat, pasar ASEAN memperoleh perhatian dari para pelaku ekonomi terkait melemahnya perekonomian global. Bagi perusahaan multinasional yang telah memasuki pasar, bagaimana mengembangkan kepemimpinan dan mencapai lokalisasi secara mudah di pasar regional yang berkembang dengan sangat cepat akan menjadi fokus utama dalam perluasan perusahaan mereka.

     Perusahaan multinasional 'pendatang baru' tengah berusaha melakukan lokalisasi di daerah ini sebagai langkah untuk mengurangi biaya dan meningkatkan saham di pasar.

     Sebagai contoh, produsen peralatan rumah tangga China, Midea, mengirim tenaga kerja pemasaran ke Vietnam saat perusahaan ini memasuki pasar Vietnam, karena sangat sulit mencari bakat berpengalaman dan handal di pasar lokal dalam waktu yang cukup singkat. Sebagai hasilnya, tim pekerja pemasaran profesional dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar lokal telah dibentuk dari waktu ke waktu.

     Para profesional pemasaran lokal di Midea secara bertahap menjadi kontibutor strategi pasar perusahaan di pasar ASEAN. Midea telah mencapai lokalisasi perencanaan produk, dan strategi pemasaran menyangkut saluran dan merek dibuat oleh tim yang terdiri dari bakat-bakat lokal.

     Kebijakan produk dan pemasaran yang memenuhi kebutuhan lokal agar lebih baik merupakan salah satu pendukung utama dalam pengembangan Midea yang sangat cepat di pasar ASEAN. Ini mengindikasikan bahwa Midea tengah berencana membangun pabrik ketiganya di Vietnam.

     Para pekerja pemasaran lokal telah dipengaruhi oleh budaya perusahaan Midea, tidak hanya memiliki unsur-unsur internasional yang kuat, tetapi juga dikenal dengan kepercayaan yang mereka miliki. Bapak Ruan, pekerja pemasaran dalam bisnis Midea di ASEAN, menolak peluang untuk mengambil posisi pemasaran senior pada merek peralatan rumah tangga lokal berdasarkan tiga faktor: Midea memiliki mekanisme insentif yang lebih kuat; rangkaian promosi yang jelas dan transparan, sebagaimana Midea akan memberikan peluang pengembangan yang lebih pribadi agar terus meningkat; dan istrinya adalah seorang berkewarganegaraan China serta bekerja pada perusahaan yang sama.

     Wang Qingbo, Presiden Ho Chi Minh Chamber of the Chinese Chamber of Commerce, mengungkapkan bahwa Midea menyediakan 5.000 pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung bagi ekosistem industri lokal, dan juga mengembangkan tim bakat pemasaran lokal, yang secara bertahap dipimpin oleh para pekerja lokal. Perusahaan multinasional seperti Midea sangat mempengaruhi para pekerja lokal dengan budaya perusahaan mereka yang kuat dan penuh dedikasi.

     Kasus tentang Bapak Ruan ini menunjukan bahwa generasi muda baru di Vietnam tengah berkembang dan mengambil manfaat dari tren globalisasi, mereka menikahi warga China, bekerja pada perusahaan multinasional, menonton film Amerika, mengendarai mobil buatan Jepang dan menggunakan peralatan listrik dari China. Dengan demikian, perusahaan multinasional tengah berusaha untuk menjadi yang terbaik guna menempatkan diri pada setiap aspek, dari beragam proses produksi hingga pengembangan bakat, sebagai langkah untuk menjadi bagian dari masyarakat lokal. Pepaduan yang sempurna dari Internasionalisasi dan lokalisasi ditunjukan di sini.

     SUMBER: Midea

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011