Hong Kong (ANTARA) - Euro menguat di perdagangan Asia pada Kamis sore, di tengah harapan kemajuan dalam pembicaraan antara Rusia dan Ukraina, sementara keputusan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dan mengatasi inflasi secara agresif gagal mempengaruhi pasar karena standar untuk kejutan hawkish yang tinggi.

Proyeksi Fed baru menunjukkan pembuat kebijakan siap untuk menggeser pertarungan inflasi mereka ke gigi tinggi. Kebanyakan dari mereka melihat suku bunga dana federal naik ke kisaran antara 1,75 persen dan 2,00 persen pada akhir tahun 2022.

"Mempertimbangkan pertemuan FOMC yang sangat hawkish, reaksi pasar kemarin tidak terlalu mengesankan, menunjukkan bahwa investor sudah memperhitungkan siklus kenaikan yang agak agresif," kata analis Unicredit.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatannya terhadap enam mata uang perdagangan lainnya, turun 0,3 persen.

"Kurva ke depan AS telah memasukkan tingkat pengetatan yang berat sebelum pertemuan FOMC, yang dapat memperlambat intensitas apresiasi dolar lebih lanjut," tambah mereka.

Di tengah pertempuran tak henti-hentinya antara Rusia dan Ukraina, kedua belah pihak telah berbicara tentang kemajuan dalam pembicaraan damai. Moskow mengatakan negosiasi dilanjutkan pada Kamis melalui tautan video untuk hari keempat berturut-turut, membahas masalah militer, politik, dan kemanusiaan.

Euro naik 0,3 persen ke level tertinggi satu minggu di 1,167 dolar.

"Yang penting untuk pasar valuta asing adalah apakah kemungkinan krisis energi berkurang, yang jelas akan menjadi inflasi dan relevan dengan nilai tukar karena berbagai alasan," kata analis Commerzbank.

“Perdamaian yang sangat rapuh mungkin hanya akan membantu secara moderat dalam hal ini,” tambah mereka.

Yen Jepang turun 0,1 persen menjadi 118,67, dalam jarak yang sangat dekat dari level terendah sejak Februari 2016, dicapai pada Rabu (16/3/2022) di 119,12 karena bank sentral Jepang (BoJ) mengesampingkan kebijakan pengetatan moneter.

Jepang tidak mungkin melihat inflasi mencapai target 2,0 persen, sekalipun memperhitungkan kenaikan biaya energi, Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda mengatakan, membuat alasan untuk menjaga kebijakan moneter sangat longgar pada pertemuan kebijakan yang dijadwalkan pada Jumat (18/3/2022).

Pound menguat terhadap euro dan dolar, sementara investor menunggu hasil pertemuan kebijakan bank sentral Inggris (BoE), dengan pasar uang memperkirakan sekitar 70 persen peluang kenaikan suku bunga 50 basis poin.

Dolar Australia naik 0,5 persen menjadi 0,7328 versus greenback setelah data pekerjaan melampaui ekspektasi pada Februari karena aktivitas pulih secara mengejutkan dengan cepat dari wabah Omicron.

Baca juga: Dolar menguat ketika minyak jatuh, mengambil momentum dari euro
Baca juga: Euro melemah setelah pertemuan ECB, dolar menguat ikuti data inflasi
Baca juga: Dolar di tertinggi baru terhadap yen, euro tertekan risiko pertumbuhan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022