Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerja sama dengan Independent Electoral and Boundaries Commission (IEBC) Republik Kenya mengenai bidang manajemen pemilu.
 
"Pemerintah Republik Kenya melakukan jalinan kerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia, khususnya dalam bidang manajemen pemilu," kata Ketua KPU RI Ilham Saputra di Jakarta, Kamis.
 
Hal itu, menurut dia, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Chairman Independent Electoral and Boundaries Commission (IEBC) Republik Kenya Wafula W Chebukat di kantor KPU RI, Kamis.

Baca juga: KPU RI-Pos Indonesia teken kerja sama pendistribusian logistik pemilu
Baca juga: KSP: Pergantian KPU-Bawaslu tak ganggu persiapan Pemilu-Pilkada 2024
 
"MoU ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat hubungan persahabatan antara Republik Indonesia dan Republik Kenya, khususnya kerja sama bilateral antara KPU RI dengan IEBC Republik Kenya dalam hal manajemen pelaksanaan pemilu," kata dia
 
IEBC Republik Kenya memandang penting bekerja sama dengan KPU RI atas pengalamannya menyelenggarakan pemilu dan pemilihan di Indonesia.
 
Ruang lingkup kerja sama antara KPU RI dengan KPU Kenya, antara lain soal pengembangan sumber daya manusia dan pertukaran pengetahuan di bidang informasi, komunikasi, dan teknologi dalam penyelenggaraan pemilu.
 
Tujuan dari ruang lingkup pengembangan, menurut Ilham, yaitu bersama-sama mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan profesionalisme manajemen pemilu.
 
 
 
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022