Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Kamis (17/3) kemarin, mulai dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tegaskan komitmen Indonesia untuk negara Asia-Afrika hingga Presiden Joko Widodo sebutkan tantangan besar transisi energi.

Berikut lima berita politik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Wapres Ma'ruf Amin tegaskan komitmen Indonesia buat negara Asia-Afrika

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan komitmen Indonesia terhadap kepentingan negara-negara di Asia dan Afrika.

"Komitmen Indonesia memang tidak pernah berubah sejak Konferensi Asia-Afrika agar kita bersama-sama membangun Asia dan Afrika, khususnya Indonesia dengan negara-negara di Afrika," kata Wapres Ma'ruf saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kenya Raychelle Omamo di Kediaman Resmi Wapres, di Jakarta, Kamis.

Komitmen tersebut menurut Wapres Ma'ruf ditunjukkan dalam tema besar Presidensi Indonesia di G20 yaitu "Recover together, recover stronger".

Selengkapnya di sini

2. Wapres Ma'ruf terima kunjungan Menteri Luar Negeri Kenya

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo terkait pembukaan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta.

"Kunjungan kali ini adalah dalam rangka membuka Kedutaan Besar Kenya di Jakarta. Jadi pada hari ini juga, 17 Maret 2022 Menteri Luar Negeri Kenya akan membuka Kedutaan Besar Kenya di Jakarta," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kediaman Resmi Wapres Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Moeldoko: Pemindahan IKN final dan tidak perlu diperdebatkan lagi

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko menegaskan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah final dan tidak perlu lagi diperdebatkan.

Moeldoko mengatakan, pemindahan IKN di Kalimantan Timur sudah menjadi keputusan bersama antara pemerintah dan DPR, yang diwujudkan dalam Undang-Undang Nomor 3/2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN).

"Pemindahan IKN sudah final. Mari kita kesampingkan perbedaan untuk mewujudkan cita-cita besar ini," tegas Moeldoko dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

4. KSP: Pergantian KPU-Bawaslu tak ganggu persiapan Pemilu-Pilkada 2024

Deputri IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro memastikan persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 tidak akan terganggu oleh proses pergantian komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Hal itu diyakini Juri karena KPU dan Bawaslu merupakan organisasi besar dan permanen yang ditopang tim kesekretariatan lengkap di tiap jenjang baik pusat maupun daerah.

Selengkapnya di sini

5. Presiden sebut tiga tantangan besar transisi energi

Presiden RI Joko Widodo menyebut terdapat tiga tantangan besar dalam transisi energi yang perlu mendapat perhatian bersama.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat memberikan sambutan kunci secara virtual pada S20 High Level Policy Webinar on Just Energy Transition, sebagaimana disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022