Tokyo (ANTARA News/AFP) - Pebulutangkis nomor dua dunia Wang Shixian takluk atas Juliane Schenk dalam babak perempat final tunggal putri Jepang Terbuka, Jumat, sementara rekannya Wang Yihan yang menempati unggulan pertama melaju ke semi final.

Peraih medali emas Asian Games itu membuat kesalahan saat memimpin tipis hingga akhirnya kalah 15-21, 19-21 atas unggulan kedelapan asal Jerman itu.

"Saya tidak bermain buruk, tetapi Juliane bermain sangat sabar, ia tetap tenang sepanjang pertandingan malam ini. Saya tidak bisa menempatkan kok ke arah yang saya inginkan," katanya.

Schenk, yang mendapat banjir pujian atas kemenangannya di Tokyo Metropolitan Gymnasium, mengatakan ia menikmati kesempatan bermain melawan pebulutangkis bintang asal China.

"Saya telah banyak melawan pemain China saat ini dan saya sudah siap untuk menang besar atas mereka. Tentu saja biasanya mereka yang dominan," kata Schenk.

"Saya mengambil kesempatan tersebut dengan baik. Saya hanya berusaha menikmati setiap pertandingan ketika saya berada di lapangan. Luar biasa jika bisa bermain melawan pemain terbaik," kata Schenk yang akan melawan pebulutangkis India, Saina Nehwal, pada babak semi final.

Juara dunia dan unggulan pertama Wang Yihan sempat kalah satu set sebelum akhirnya berbalik unggul 21-17, 14-21, 21-15 atas juara Jepang Terbuka 2007 asal Denmark, Tine Baun.

Ia akan berhadapan dengan pemain China lainnya Liu Xin di babak semi final, Sabtu, setelah lawannya itu mengalahkan Tai Tzu-ying asal Taiwan dengan skor 22-20, 21-15.

Sebelumnya, Nehwal, pebulutangkis berusia 21 tahun yang sempat menjadi juara dunia junior, mengalahkan Gu Juan dari Singapura dengan skor 21-17, 21-13.

"Dia (Gu) adalah pemain rally yang baik dan dia memiliki pukulan yang bagus. Saya tahu dia bermain cukup lambat dan tidak lincah, makanya saya meningkatkan tempo permainan," kata Nehwal yang menjadi unggulan keempat dalam turnamen itu.

Di bagian putra, juara dunia Lin Dan membalas kekalahannya di China Masters pekan lalu dengan mengalahkan rekan senegaranya Chen Jin 20-22, 21-14, 22-20, dengan mengejar ketertinggalan 13-18 di set terakhir.

Chen mengatakan : "Kami sama-sama bermain baik, menang kalah itu tergantung pada keberuntungan," katanya.

Juara bertahan Lee Chong Wei dari Malaysia berhasil mengatasi Kenichi Tago asal Jepang dengan skor 21-23, 21-7, 21-18 dan akan berhadapan dengan juara Jepang Terbuka dua kali Peter Gade asal Denmark.

Gade menyisihkan Simon Santoso asal Indonesia dengan skor 21-14, 21-15.

Lee, yang kalah telak atas seteru abadinya Lin Dan di final kejuaraan dunia bulan lalu, mengatakan secara psikologis ia belum pulih atas kekalahan itu.

"Pertandingan sempat "match point" saat skor 20-19 dan 21-20. Saya memiliki kesempatan untuk menang tapi akhirnya kalah. Sejak saat itulah saya tidak antusias, saya memutuskan untuk ikut turnamen ini karena tahun ini merupakan ulang tahun Jepang Terbuka yang ke-30," katanya.

(Uu.SDP-010/A020)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011