Meulaboh (ANTARA News) - Ratusan hektare sawah di tujuh desa dalam Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, gagal penen akibat diserang tikus.

"Tikus ini menyerang tanaman padi kami saat malam, tapi waktu siang ia bersembunyi di semak-semak, karena itu kami kesulitan mengusir hama ini yang sudah terjadi dalam minggu ini," kata Samsuddin (35) petani Desa Kuta Padang, Kecamatan Bubon, Sabtu.

Masyarakat setempat berharap pemerintah daerah ikut turun tangan membantu mengusir hama ini karena masih ada sisa tanaman padi yang kemungkinan bisa diselamatkan.

"Kami takut tidak ada yang disisakan untuk makan keluarga kami," keluh Samsuddin.

Mulai Sabtu, masyarakat dibantu TNI dari Koramil Bubon ramai-ramai memburu tikus dengan menyisir kawasan-kawasan terparah yang diperkirakan tempat tikus bersarang.

"Saya ingat perintah Panglima TNI Kodam Iskandar Muda pada HUT TNI ke-66, prajurit TNI harus selalu membantu rakyat di manapun mereka berada. Makanya, saya langsung berkoordinasi dengan Dandim 0105 Aceh Barat untuk minta izin menggunakan kekuatan personil TNI," kata Danramil Bubon Peltu Sumardi.(*)

ANT/H011

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011