Jakarta (ANTARA) - Perusahaan lokapasar Tokopedia menghadirkan sebuah layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) bernama "Dilayani Tokopedia" yang menawarkan pengiriman lebih cepat dan ongkos kirim (ongkir) lebih murah.

"Pertama itu dengan adanya layanan ini, seluruh masyarakat jadi akan mendapatkan pilihan barang yang lebih beragam serta menerima barang menjadi lebih cepat dan yang terpenting ongkir lebih terjangkau bahkan 0 rupiah," ungkap AVP of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra dalam jumpa pers secara virtual, Jumat.

Dia juga mengklaim bahwa dengan hadirnya layanan yang sebelumnya memiliki nama "Toko Cabang" ini konsumen akan mendapatkan barang 14 jam lebih cepat dan konsumen di wilayah yang sama akan mendapatkan barang dalam waktu 4 jam saja.

Baca juga: Tokopedia NextGen ingin kembangkan SDM digital nasional

"Selain ongkir yang terjangkau, kami juga meyakini bahwa konsumen akan menerima barang 14 jam lebih cepat dan jika di wilayah yang sama, konsumen dapat menerima barang dalam 4 jam saja," ucap dia.
 
Gudang Pintar dari Dilayani Tokopedia (ANTARA/Ho)

Hal itu berkat hadirnya sebuah "gudang pintar" pada wilayah dengan permintaan tinggi yang disediakan oleh Tokopedia, di mana para penjual akan menitipkan barang-barang jualannya.

"Pemanfaatan gudang pintar Dilayani Tokopedia juga membantu mendongkrak penjualan. Hal ini terbukti dari data internal yang menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia sukses mengalami peningkatan rata-rata transaksi sebesar hampir dua kali lipat dibanding sebelum menggunakannya," jelas Erwin.

Secara keseluruhan, ada lonjakan transaksi layanan fulfillment Tokopedia hampir empat kali dibanding tahun sebelumnya. Dalam hal ini, perusahaan layanan digital itu akan terus berupaya menghadirkan layanan prioritas bagi para penjual untuk meningkatkan daya saing bisnis lewat Dilayani Tokopedia.

Baca juga: Tokopedia bagikan lima tips belanja daring agar semakin hemat

Untuk diketahui bersama, saat ini gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya.

Fenomena pandemi wabah virus corona juga membuat pembelian secara daring terus melonjak pesat, hal yang paling terasa terdapat pada kategori Rumah Tangga, Fashion, Olahraga dan juga Hobi.

"Harapan kami, dengan adanya layanan penuh dari Dilayani Tokopedia ini bisa memudahkan UMKM lokal untuk memaksimalkan penjualannya sehingga barangnya bisa mudah diakses oleh pembeli di seluruh penjuru Indonesia dengan mudah," tutup dia.

Baca juga: GoTo umumkan rencana IPO tawarkan harga Rp316 hingga Rp346 per saham

Baca juga: Sarinah dan Tokopedia hadirkan merchandise resmi MotoGP Mandalika

Baca juga: Kini masyarakat bisa bayar SPP lewat warung Mitra Tokopedia

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022