Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong para pemuda untuk menjadi wirausahawan yang dapat membuka lapangan dan kesempatan pekerjaan baru untuk masyarakat sekaligus menopang perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan Zainudin dalam Pra-Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Y20 Indonesia 2022 yang digelar di Palembang, Sabtu. Acara tersebut merupakan serangkaian ajang pendukung G20 yang secara khusus membahas isu kepemudaan.

"Kami ingin menciptakan wirausahawan-wirausahawan muda yang dapat melakukan atau menyiapkan lapangan kerja sendiri tanpa tergantung dengan pihak lain. Kami berharap dan mendorong para pemuda menjadi job creator bukan job seeker," kata Zainudin dalam sambutannya secara virtual di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Menpora dukung inisiatif pemuda lewat Y20 Indonesia 2022
Baca juga: Menko Ekonomi berharap pemuda dorong pemulihan ekonomi inklusif di Y20


Ia menyebut kewirausahaan di kalangan pemuda telah menjadi salah satu program prioritas di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam kurun waktu 2020-2024.

Berbagai program dilaksanakan bertujuan untuk memberdayakan pemuda agar menjadi kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing, serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Kemenpora, lanjut dia, juga akan selalu mendukung dan memberikan akses dan kesempatan yang lebih besar kepada usaha kecil menengah agar dapat mengembangkan usahanya.

Zainudin berharap KTT Y20 Indonesia dapat dimanfaatkan para pemuda untuk berdiskusi demi memecahkan masalah yang berkaitan dengan kepemudaan, serta mendorong pemerintah dan pemimpin negara-negara untuk mendukung dan mengenali pemecahan masalah serta ide yang digagas para pemuda.

"Kami percaya bahwa wirausahawan muda akan menjadi tulang punggung perekonomian negara ini. Selain itu kita juga harus mendorong pemuda untuk mau kerja sama dan bertukar pikiran dengan pengusaha muda lain untuk memperluas wawasan," pungkas dia.

Baca juga: Ketua delegasi Indonesia: Empat topik akan dibahas di Y20 2022
Baca juga: Menpora targetkan pemuda berkualitas tercipta lewat Rakornas 2022


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022