Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan Bandara Udara Internasional Lombok, yang termasuk dalam proyek pembangunan infrastruktur terkait Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, siap diresmikan.

"Pada tanggal 10 Oktober nanti, presiden akan meresmikan Bandara Lombok," ujar Rajasa seusai rapat koordinasi mengenai percepatan pembangunan proyek MP3EI oleh BUMN di Jakarta, Senin.

Menurut rencana Bandara Internasional Lombok ini akan menggantikan operasional Bandara Selaparang mulai 1 Oktober 2011 .

Selain itu, Rajasa menjelaskan, pembangunan landasan pacu dan perluasan Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan serta Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi juga akan dipercepat.

"Sekaligus juga perluasan Bandara Sepinggan. Dan tahun depan kita akan membangun Bandara Jambi karena itu sudah besar perluasannya. Tahun ini juga Menteri Perhubungan akan memperpanjang dan memperluas landasannya," ujarnya.

Hatta juga memastikan perluasan pembangunan pabrik pupuk di Kalimantan Timur dan beberapa proyek lain terkait MP3EI masih dalam target yang diharapkan akan selesai sesuai jadwal.

Ia menambahkan rencana pembangunan rel kereta api jalur lingkar menuju Bandara Soekarno Hatta dengan pembiayaan dalam negeri senilai Rp11 triliun, masih tetap berjalan dan dalam target penyelesaian.

"Jalur lingkar kereta api Jakarta dari Bandara Soekarno Hatta ke Jakarta. Itu akan berjalan. Sepenuhnya dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia dengan pembiayaan dalam negeri," katanya.

Kemudian, Rajasa mengharapkan rencana perluasan pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, bisa segera terwujud dan proses tender dapat terlaksana sehingga groundbreaking dapat dimulai sebelum akhir tahun.

"Pembangunan perluasan pelabuhan Tanjung Priok, yang saat ini tender tapi memerlukan satu pembahasan lebih lanjut. Saya tekankan tadi, saya meminta harus selesai pada tahun ini juga seluruh prosesnya. Sehingga ground breaking bisa dilaksanakan tahun ini," ujarnya. (S034)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011