Jakarta (ANTARA News) - Indonesia merupakan pasar yang paling penting bagi Commonwealth Bank of Australia (CBA), karena jumlah penduduknya yang besar sangat menarik digarap lebih jauh.

Direktur Utama PT Commonwealth Bank Indonesia (CBI), Tony Costa, kepada pers di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa besarnya potensi pasar Indonesia itu mendorong CBI akan melakukan penetrasi pasar kelas menengah yang sedang tumbuh pesat.

Oleh karena itu, CBI yang merupakan anak perusahaan dari Commonwealth Bank of Australia akan meneruskan strategi pertumbuhannya untuk mempertahankan keunggulan dalam bisnis Wealth Management, menumbuhkan bisnis usaha kelas menengah (UKM), katanya.

Untuk itu, menurut dia, CBI telah meluncurkan produk terbaru, "CommWay" untuk memenuhi kebutuhan segmen kelas menengah, karena pasar di sektor ini masih cukup besar yang memerlukan perhatian lebih baik lagi.

CommWay merupakan paket penawaran unik produk dan layanan perbankan yang mudah, lengkap dan terjangkau, berupa tabungan, investasi, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan asuransi.

Produk ini merupakan solusi bagi segmen kelas menengah yang mempunyai aspirasi keuangan, memiliki kemampuan, namun belum menemukan sarana yang lengkap dan terjangkau, ujarnya.

Menurut Tony Costa, inisiatif tersebut menjadi bagian dari strategi Commonwealth Bank untuk meningkatkan pertumbuhan di bidang retail banking segmen kelas menengah yang merupakan salah satu dari empat segmen fokus pertumbuhan Commonwealth Bank.

Keempat segemen itu adalah High-Net Worth Individuals, UKM, Korporasi, dan Kelas Menengah yang menandai komitmen banknya untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, katanya.

CBI, lanjut dia, menyadari besarnya potensi segmen kelas menengah terlihat dari tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia yang saat ini diperkirakan sebanyak 40 juta orang.

"Sejak jauh hari CBI telah membangun fondasi kerja yang menempatkan perusahaan dalam posisi yang tepat untuk melayani kelas menengah Indonesia, " kata Direktur Retail dan Usaha Perbankan CBI, Ian Whitehead.

Menurut dia, layanan Commway dapat diakses melalui Internet banking dan mobile banking.

Tabungan bunga harian, misalnya, memberikan kemudahan dalam menabung dengan membuka rekening hanya Rp500.000 dan menyediakan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) yang bebas biaya, katanya.

Executive Vice President Head of Product Service and Marketing, Rian Kasian, mengatakan bahwa Commway adalah produk dan layanan yang mudah, lengkap dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan kelas menengah.

Upaya ini juga untuk menumbuhkan kekayaan demi masa depan yang lebih sejahtera dan dapat mengelola keuangannya secara mudah, katanya menambahkan.
(T.H-CS/A023)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011