Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP GRANAT) Henry Yosodiningrat menegaskan bahwa organisasinya bersifat netral dalam ranah politik bangsa Indonesia.

“Kami tidak berpolitik, dan kami menjaga keutuhan NKRI,” kata Henry ketika menyampaikan sambutan, di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai melantik pengurus baru DPP GRANAT. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa anggota GRANAT diperbolehkan untuk menjadi anggota dari partai politik, akan tetapi tidak boleh menggunakan atribut GRANAT ketika melakukan kegiatan politik.

Lebih lanjut, ketika bertugas atau berada di dalam kegiatan GRANAT, para anggota tidak diperbolehkan untuk menggunakan atribut atau simbol-simbol partai politik.

Peraturan tersebut bertujuan untuk menjaga keutuhan GRANAT, khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ia menegaskan bahwa kepentingan GRANAT adalah membersihkan generasi muda Indonesia dari pengaruh narkoba.

Melalui sambutannya, ia mengajak segenap pengurus yang baru dilantik untuk bekerja keras tanpa mengenal lelah, serta mengabdi untuk bangsa dengan membantu segala upaya Pemerintah mewujudkan generasi muda yang hidup sehat dan terhormat tanpa narkoba.

"Demikian pula kepada sahabat-sahabat seperjuangan Pengurus DPD dan DPC GRANAT di seluruh Indonesia yang mengikuti acara ini secara virtual," kata Henry.

Pada kesempatan ini, Henry juga menyampaikan terima kasih kepada mitra yang telah bekerja sama dengan DPP GRANAT, yakni kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dalam hal ini Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Demikian pula kepada PT Garuda Indonesia dengan penandatanganan MoU tanggal 27 Oktober 2020 oleh Dirut Garuda Indonesia," ujar Henry.

Selain itu, kata dia lagi, GRANAT juga menyampaikan terima kasih kepada institusi Polri khususnya Polda Metro Jaya yang hingga saat ini masih berlangsung kerja sama, yaitu dalam bentuk pemberian vaksin ketiga (booster) kepada masyarakat.

Ketua Dewan Pembina DPP GRANAT Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar berharap setelah pelantikan, DPP GRANAT harus segera konsolidasi menata organisasi hingga menyepakati bersama kapan digelar musyawarah nasional (munas) untuk memilih ketua umum secara definitif.

Togar juga mengingatkan para Pengurus DPD dan DPC GRANAT untuk melakukan konsolidasi salah satunya rakorda setiap tahunnya.

"Kami menyerukan seluruh pengurus di daerah untuk menancapkan dan mengibarkan Pataka GRANAT hingga eksistensinya bisa dirasakan bagi bangsa dan negara. Jangan sampai GRANAT di daerah ada tapi tidak ada," kata Togar.
Baca juga: Granat wanti-wanti parpol tak usung mantan pecandu narkoba
Baca juga: Henry Yosodiningrat sebut upaya pencegahan narkoba gagal


Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022