Jakarta (ANTARA News) - Empat Kapolda dan puluhan jenderal Polri dimutasi dari jabatannya oleh Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri dalam rangka pembinaan personil selain mengganti pejabat yang pensiun.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Abubakar Nataprawira di Jakarta, Rabu, mengatakan, mutasi itu dikeluarkan melalui Keputusan Kapolri No SKEP 24/I/2009 tertanggal 21 Januari 2009.

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Sisno Adiwinoto dimutasi sebagai Kapolda Sumatera Selatan menggantikan Irjen Pol Ito Sumardi

Posisi Sisno digantikan oleh Irjen Pol Mathius Salempang yang sebelumnya adalah Staf Ahli Kapolri sedangkan Ito selanjutnya menjadi Koordinator Staf Ahli Kapolri.

Kapolda Riau Brigjen Pol Hadiatmoko diangkat menjadi Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri menggantikan Irjen Pol Paulus Purwoko.

Dengan jabatan baru ini, Hadiatmoko akan naik menjadi bintang dua dengan pangkat Irjen Pol.

Jabatan Kapolri Riau akan ditempati oleh Brigjen Pol Aji Rustam Ramja yang sebelumnya adalah Direktur Eksekutif Jakarta Center For Law Enforcement Cooperation (JCLEC).

Purwoko selanjutnya menjabat sebagai Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri.

Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol R Natakusuma digantikan oleh Brigjen Pol Erwin TB Lumbun Tobing.

Natakusuma selanjutnya sebagai Staf Ahli Kapolri sedangkan Erwin sebelumnya adalah Direktur Akademik pada Akademi Kepolisian.

Sedangkan perwira tinggi di Mabes Polri yang dimutasi adalah Deputi Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Pol Bambang Hadiyono yang digantikan oleh Irjen Pol Suhardi Sigit.

Hadiyono selanjutnya pensiun sedangkan Suhardi sebelumnya adalah dosen Sespim.

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Irjen Pol Alantin Simanjuntak digantikan oleh Brigjen Pol Oegroseno.

Alantin akan pensiun sedangkan Oegroseno sebelumnya adalah Kepala Pusat Informasi dan Pengolahan Data Divisi Telematika.

Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol Sutjiptadi digantikan oleh Brigjen Pol Muhammad Ibrahim.

Sutjiptadi selanjutnya sebagai Dosen Sespim sedangkan Ibrahim sebelumnya adalah Kepala Sekolah Calon Perwira.

Selain memutasi perwira tinggi, Kapolri juga memutasi 41 perwira menengah berpangkat Kombes.

Kapolwilatabes Bandung Kombes Pol Ketut Untung Yoga Ana menjadi Kepala Bidang Penerangan Umum Divisi Humas Polri menggantikan Kombes Pol Bambang Kuncoko yang akan segera pensiun.

Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Kombes Pol Ronny F Sompie akan menjadi Kapolwiltabes Surabaya.

Kapolri Metro Tangerang Kombes Pol M Syafii menjadi Wakil Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror. Posisinya digantikan oleh Kombes Pol Hamidin yang sebelumnya adalah Kepala Sub Detasemen Penindakan Detasemen Khusus 88 Anti Teror. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009