Mogadishu (ANTARA News) - Sebuah pesawat tak berawak AS jatuh di kota pelabuhan Kismayu, Somalia selatan, yang menjadi pangkalan kelompok gerilya Al-Shabaab, kata seorang pejabat Al-Shabaab dan warga, seperti dikutip Reuters.

Peristiwaakhir pekan itu terjadi ketika penduduk mengungkapkan seringnya penerbangan pesawat tak berawak di atas Kismayu dalam beberapa pekan terakhir.

Kedutaan Besar AS di Nairobi menolak mengomentari masalah itu.

"Ini adalah pesawat mata-mata pemerintah AS dan dengan kehendak Allah, pesawat itu jatuh di dekat bandara," kata pejabat Al-Shabaab Sheikh Ibrahim Guled kepada Reuters, Senin.

"Kami tidak menyerangnya dan pesawat itu jatuh sendiri," katanya, namun stasiun radio kelompok itu mengatakan pesawat itu ditembak jatuh oleh gerilyawan ketika sedang berpatroli di atas bandara.

Seorang warga Kismayu yang mengaku bernama Ali Gab mengaku melihat pesawat yang jatuh itu.

"Saya melihat pesawat itu di kantor polisi... Kami tidak melihat ada kerusakan," katanya.

AS melakukan operasi terselubung di negara Tanduk Afrika tersebut di masa silam. Pasukan khusus AS membunuh salah satu tokoh Alqaeda, Saleh Ali Nabhan yang kelahiran Kenya, di Somalia Selatan pada September 2009.

Al-Shabaab dan kelompok gerilya garis keras lain ingin memberlakukan hukum Islam yang ketat di Somalia yang dilanda pergolakan kekuasaan dan anarkisme sejak para panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991.

SYS/M014

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011