Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo akan meresmikan enam unit feeder busway dari wilayah Sentra Primer Baru Barat (SPBB) Kembangan ke shelter busway Taman Kota di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Rabu (28/9).

"Peluncuran perdana Feeder Busway ini dijadwalkan diresmikan besok," kata Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Sukarno.

Menurut Sukarno, rencana peluncuran itu merupakan hasil evaluasi terakhir dalam rapat bersama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bersama instansi terkait Pemkot Jakarta Barat pada 16 September 2011.

Wakil Wali Kota mengatakan feeder busway tersebut untuk tahap awal disiapkan enam unit yang akan mengangkut calon penumpang dari sekitar SPBB Jakarta Barat melalui Jalan Kedoya, Jalan Panjang menuju ke halte busway Taman Kota.

"Feeder PP nantinya terus berputar setelah sampai Taman Kota balik lagi ke shelter feeder di SPBB Jakarta Barat ," ujarnya.

Feeder tersebut berukuran bus sedang berkapasitas 20 tempat duduk dan 15 orang berdiri dilengkapi dengan AC. Untuk menggunakan angkutan feeder tersebut dikenakan tarif Rp6.500/penunpang satu paket untuk naik Transjakarta busway ke trayek koridor busway lain di DKI Jakarta.

"Feeder beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB," kata Sukarno.

Menurut Wakil Wali Kota, dipilihnya jalur feeder busway dari SPBB Jakarta Barat tersebut mengingat lokasinya terletak di Sentra Primer Baru Barat (SPBB) sebagai pusat pemerintahan di Jakarta Barat, pusat perkantoran dan pusat perniagaan dan perdagangan.

"Banyak masyarakat di wilayah SPBB dan sekitarnya dengan sejumlah pusat perbelanjaan dan kantor yang sangat membutuhkan feeder untuk dapat mengangkut penunpang yang akan meneruskan perjalanannya dengan menggunakan busway," ujarnya.

Calon penumpang yang menggunakan feeder busway tersebut hanya khusus untuk mereka yang akan melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan busway.

"Sebaliknya dari Taman Kota yang bisa menggunakan feeder tersebut juga hanya penumpang yang turun dari busway melalui sejumlah shelter busway trayek tersebut menuju ke arah SPBB Jakarta Barat Kembangan," katanya.

Untuk sementara, kata Sukarno kini baru disiapkan enam unit feeder busway, dapat ditambah setelah melihat kebutuhan.

Sedangkan jumlah halte untuk feeder juga untuk sementara disiapkan enam unit dari sembilan unit yang diusulkan nantinya akan ditambah sesuai anggaran.

"Dengan dioperasikannya feeder busway ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat khususnya di Jakarta Barat yang akan menggunakan busway," lanjutnya. (ANT/009)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011