Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (21/3) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Indonesia ajak Singapura garap Food Estate dan IKN

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengajak Singapura ikut serta dalam pengembangan food estate dan pembangunan ibu kota negara baru di Indonesia sehingga memberi manfaat dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki kedua negara.

Ajakan tersebut disampaikan Luhut pada Senin (21/3) saat bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Singapura maupun saat memimpin pertemuan resmi dengan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean, demikian keterangan dari Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. Indonesia lobi delegasi asing di Sidang IPU untuk dukung isu Palestina

Delegasi Indonesia terus berupaya melobi perwakilan parlemen dari 115 negara yang hadir pada Sidang Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk mendukung kemerdekaan penuh Palestina dan solusi dua negara.

Indonesia konsisten memajukan isu Palestina dalam tiap sidang tahunan IPU, termasuk pada sidang majelis ke-143 dan tahun ini yang digelar pada 20–24 Maret 2022 di BICC Nusa Dua, Bali.

Selengkapnya baca disini

3. Tujuan RI terwakili saat "voting" draf resolusi Rusia-Ukraina di IPU

Tujuan Indonesia dalam mencari solusi atas konflik Rusia dan Ukraina terwakili oleh usulan draf resolusi dari Selandia Baru, meskipun rancangan resolusi yang diajukan Indonesia kalah dalam pemungutan suara (voting) di general debate Sidang Majelis ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua, Bali, Senin.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, sekaligus Ketua Delegasi Indonesia di IPU, Fadli Zon mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah tidak ingin forum kongres antarparlemen dunia tersebut digunakan sebagai alat untuk mengutuk salah satu pihak di konflik Rusia dan Ukraina.

Selengkapnya baca disini

4. Puan dorong forum parlemen internasional tolak unilateralisme

Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk menolak agenda dan tindakan sepihak (unilateral) karena itu dapat mengancam hubungan harmonis antarnegara.

Puan ke ribuan delegasi asing yang mewakili parlemen 115 negara menyampaikan dunia saat ini harus bergotong royong dan memperbanyak kerja sama demi bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

Selengkapnya baca disini

5. KPU rencanakan pendaftaran parpol peserta pemilu mulai 1 Agustus 2022

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan bahwa pihaknya merencanakan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 diselenggarakan mulai 1 Agustus sampai 7 Agustus 2022.

"(Pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024) 1 Agustus sampai 7 Agustus 2022 di dalam rencana tahapan dan jadwal kami," ujar Ilham Saputra kepada wartawan usai memberikan sambutan dalam kegiatan uji publik terhadap rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pendaftaran, Verifikasi, serta Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD di Ruang Sidang Utama KPU RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022