Palembang (ANTARA News) - Jalan di sekitar arena pertandingan (venues) SEA Games XXVI di kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan mulai diaspal menjelang pelaksanaan pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara, November mendatang.

Jalan yang sudah diaspal itu, pada Rabu, tampak berada di bagian sebelah kiri dan ada pula di bagian kanan, seperti di depan bangunan "Sport Science Center Jakabaring", dan di depan wisma atlet, tetapi baru sebelah bagian saja dari dua lajur jalan di sana yang telah diaspal.

Kemudian di lapangan tenis, stadion atletik dan akuatik juga telah diaspal, namun baru satu lajur saja.

Sedangkan jalan menuju ke lapangan tembak, terdapat bagian jalan yang masih berupa jalan tanah, tapi ada pula yang sudah diaspal.

Para pekerja di venues yang akan digunakan pada saat SEA Games XXVI nanti, juga masih terus menyelesaikan pembangunan sejumlah venues itu, seperti stadion atletik, akuatik, dan lapangan tembak.

Pada halaman wisma atlet tampak para pekerja sedang menanami rumput dan menyirami dengan air, menyusul musim kemarau yang terjadi saat ini di kota ini.

Di bagian lain, depan halaman lapangan tembak SEA Games yang bangunannya menghadap ke danau, tampak para personel TNI sedang melakukan penghijauan dengan menanam pohon di pinggir danau.

Para pekerja pembangunan venue menembak juga sudah merapikan bangunan itu, dengan menyingkirkan plastik dan kayu-kayu yang tak berguna.

Walaupun kompleks olahraga di kawasan Jakabaring belum selesai semuanya dibangun, tapi warga yang datang ke sana cukup ramai di sore hari menjadi objek kunjungan mereka.


Venue Menembak Dibersihkan

Para pekerja pembangunan venue menembak di Jakabaring itu melakukan pembersihan halamannya dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak diperlukan lagi.

Pekerja mulai melakukan pembersihan pada hari Rabu (28/9) ini, kata Site Manajer PT Prambanan Dwipaka, Martin.

Menurut dia, benda-benda yang tidak diperlukan lagi disingkirkan ke halaman belakang venue menembak tersebut.

Para pekerja di venue itu sedang merampungkan pekerjaan sesuai bidang tugas masing-masing hingga pukul 17.45 WIB.

Mereka juga membersihkan halaman di depan bangunan venue itu, dengan menyingkirkan kayu-kayu dan plastik yang tidak berguna.

Selain itu, gundukan tanah di depan halaman venue menembak tersebut juga disingkirkan, sehingga kelihatan rapi.

Aktivitas para pekerja di venue itu masih bekerja seperti biasanya.

Sekarang ini penyelesaian pembangunan venue menembak itu telah mencapai sekitar 91 persen, dan ditargetkan rampung pertengahan Oktober mendatang, kata Martin.

Pada Kamis ini, direncanakan anggota DPR RI juga akan meninjau venue menembak, ujar dia lagi.

Berkaitan adanya informasi sebanyak 40 pekerja venue menembak pulang, karena tidak digaji, ia menyatakan tidak ada pekerjanya yang pulang, semuanya masih bekerja seperti biasanya.

"Jumlah pekerja lengkap dan tidak ada yang pulang," ujar dia.

Sebelumnya pihak perusahaan mempekerjakan sebanyak 500 pekerja untuk menyelesaikan pembangunan venue menembak tersebut.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan SEA Games ke-26 di Indonesia, dengan pelaksanaan pertandingan selain di Palembang, juga dilaksanakan di Jakarta. (SUS/B014)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011