Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menjadwalkan uji sampel terhadap produk makanan yang dijual di pasar tradisional guna menjamin keamanan pangan.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap produk pangan segar, berupa sayuran, buah, produk hewani serta perikanan.

"Nantinya produk tersebut akan diambil sampel untuk uji keamanan pangan. Kita akan melakukan uji formalin dan uji pewarna makanan," kata Penty di Jakarta, Selasa.

Dalam melakukan uji sampel makanan, Sudin KPKP Jakarta Pusat (Jakpus) bekerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta dan BPOM.

Adapun sejumlah pasar yang akan dilakukan pengambilan uji sampel makanan, antara lain Pasar Palmerah, Pasar Benhil, Pasar Lontar Kebon Melati, Pasar Gandaria.

Selain di pasar tradisional, uji keamanan pangan juga dilakukan di pasar modern. Salah satunya pasar swalayan di Thamrin City.

Rencananya, Sudin KPKP melaksanakan uji sampel di sejumlah pasar pada Jumat (25/3) dan pekan depan.

"Untuk tanggal 29 Maret lokasi pengawasan pasar di kawasan Pasar Blok G, Pasar Petojo Enclek, Pasar Petojo Ilir dan swalayan di Kawasan Gajah Mada," kata Penty.
Baca juga: DKI pastikan stok minyak goreng dan pangan aman tanpa operasi pasar
Baca juga: Aparat diminta tindak tegas pelaku penimbunan pangan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022