Manokwari (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menyiapkan Rp360 miliar mengantisipasi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022.
 
Deputi Kepala Perwakilan BI Papua Barat James Wilson Lumban Tobing, di Manokwari, Selasa mengatakan Rp360 miliar dipersiapkan untuk memastikan kecukupan uang, distribusi uang dan layanan kas selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022 di daerah itu.
 
 
"Kebutuhan uang selama Ramadhan 2022 mengalami peningkatan sebesar 14,28 persen (YoY) dibandingkan tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp135 miliar," ujar James.
 
James mengatakan BI Papua Barat juga menyiapkan beberapa langkah strategis untuk memperluas layanan penukaran uang melalui kerja sama perbankan dan stakeholder terkait.
 
"Khusus di Manokwari ibukota Provinsi Papua Barat, penukaran uang dapat dilakukan di 11 lokasi layanan bank, serta 8 lokasi di dua kas titipan BI di Teluk Bintuni dan Sorong Selatan," ujarnya.
 
Strategi lainnya, BI akan memberikan layanan penukaran wholesale kepada stakeholder BI di Provinsi Papua Barat, serta dilakukan penukaran secara ritel kepada masyarakat di tiga lokasi yaitu Manokwari City Mall, Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi.
 
"BI Papua Barat juga melaksanakan penukaran ritel secara bersama melalui kolaborasi dengan seluruh perbankan di Papua Barat," katanya.
 
Langkah-langkah tersebut, kata James, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan dan mengantisipasi kerumunan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona.
 
"Protokol kesehatan wajib ditaati sesuai anjuran yang berlaku untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang masih mewabah di Papua Barat," ujarnya.

Baca juga: Sambut Natal, BI Papua Barat siapkan Rp1,47 triliun uang layak edar

Baca juga: TNI AL dukung BI salurkan rupiah di wilayah 3T Provinsi Papua Barat

Baca juga: Raja Ampat dan BI launching pembayaran digital 11 destinasi wisata

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022