Jakarta (ANTARA News) - Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyatakan, penilaian terakhir para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dilakukan pada 5 Oktober 2011.

Di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat, Kuntoro mengatakan penilaian tersebut merupakan evaluasi rutin yang dilakukan oleh UKP4 terhadap para menteri setiap tiga bulan sekali.

"Tanggal terakhir dari evaluasi kinerja itu tanggal 5 Oktober. Beberapa hari setelah itu, semua akan dilaporkan kepada Bapak Presiden," ujarnya.

Namun, Kuntoro tidak bisa memastikan apakah perombakan kabinet yang dijanjikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan demikian baru bisa dilakukan setelah 5 Oktober 2011.

"Saya tidak mengatakan begitu. Saya mengatakan bahwa laporan kinerja para menteri dan kepala lembaga terakhir masuk ke UKP4 tanggal 5 Oktober pukul 23.55 malam," katanya.

Kuntoro belum bersedia mengungkapkan hasil penilaian kinerja para menteri karena evaluasi yang terus berjalan.

Menurut dia, UKP4 menyoroti setiap bidang di seluruh kementerian yang termasuk dalam rencana aksi pembangunan nasional serta upaya penghilangan sumbatan dalam mencapai sasaran pembangunan.

"Hampir semua bidang yang ada dalam rencana aksi itu menjadi sorotan UKP4. Tidak ada yang khusus kecuali hal-hal yang memang ada dalam program `debottlenecking` kami," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono berjanji akan melakukan perombakan kabinet sebelum dua tahun periode kedua masa pemerintahannya pada 20 Oktober 2011.

(T.D013*P008/I007)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011